Tuesday, December 29, 2020

9 Faktor Penentu Penghasilan Google AdSense



ElectronicSolution.co.id - Seperti kita ketahui, Google Adsense merupakan ladang bagi para blogger untuk meraup penghasilan hanya dengan bermodalkan blog. Tidak sedikit orang yang beralih profesi menjadi full time blogger untuk menekuni Google adSense. Hal ini tentunya berkat besarnya potensi yang bisa didapatkan.

Berikut merupakan faktor-faktor penentu penghasilan blogger di Google AdSense.

9 Faktor yang Mempengaruhi Penghasilan Google Adsense

 

Baca juga: 7 Tips Blogging Untuk Blogger Pemula

 

1. Bahasa yang digunakan


Bahasa merupakan penentu tinggi rendahnya penghasilan blog kita. Untuk memperoleh CPC yang tinggi, bahasa yang digunakan lebih baik adalah bahasa inggris. Alasannya sederhana, yaitu target pengunjung, karena perhitungan komisi klik iklan akan menyesuaikan dengan asal pengunjung tersebut. Iklan yang dipasang oleh advertiser luar negeri akan memiliki CPC yang tinggi, menyesuaikan dengan mata uang mereka, sedangkan nita tukar di Indonesia terhadap dollar masih tinggi.

2. Jumlah pengunjung


Jumlah pengunjung tentu akan berbanding lurus dengan potensi klik yang akan terjadi. Pengunjung semakin banyak maka peluang klik akan semakin besar pula. Untuk itu optimasi blog perlu dilakukan supaya blog mampu menjaring pengunjung dari berbagai sumber (google, sosial media, dll)

3. Jenis Pengunjung


Pengunjung organik (berasal dari Google) perlu diprioritaskan karena sangat berpengaruh pada nilai CPC. Nilai klik yang dilakukan oleh pengunjung yang organik akan lebih besar daripada pengunjung yang berasal dari sumber lainnya.Untuk meningkatkan pengunjung organik kita perlu melakukan optimasi SEO onpage maupun off page.

4. Tema Blog


Konten blog juga berpengaruh pada nilai CPC google adsense. Google sendiri merahasiakan tema apa saja yang memiliki nilai CPC tertinggi, namun kita bisa melakukan riset dari berbagai referensi untuk menentukan tema blog yang kemungkinan memiliki CPC cukup tinggi.

Baca juga: Cara Membangun Blog Berkualitas Untuk Mendapatkan Uang

5. Bounce Rate


Bounce rate merupakan lamanya waktu pengunjung berada di blog kamu. Semakin lama pengunjung di blog, maka akan semakin kecil bounce out rate nya dan nilai CPC juga berangsur meningkat. Kita harus mendapatkan bounce rate sekecil mungkin, caranya adalah dengan membuat konten yang berkualitas, original dan bermanfaat.

7. Lokasi Penempatan Iklan


Penempatan iklan google adsense memiliki pengaruh, yaitu terhadap peluang terjadinya klik. Iklan harus kita tempatkan pada lokasi yang banyak mendapatkan perhatian dari pengunjung. Sehingga kemungkinan terjadinya klik akan besar.

8. Jumlah Iklan dalam satu halaman


Google adsense hanya mengijinkan maksimal 3 slot dalam satu halaman. Semakin banyak iklan yang dipasang, memang akan semakin besar peluang terjadinya klik namun CPC akan menjadi mengecil. Jadi bijaklah dalam memasang iklan pada blog, bila kamu memiliki pengunjung yang tinggi disarankan jangan terlalu banyak, cukup 2-3 slot saja.

Untuk jenis iklan sebaiknya yang memiliki gambar dan memiliki ukuran 300x..... karena ukuran tersebut adalah ukuran yang paling diminati para advertiser tentunya CPC yang diberikan juga akan lebih tinggi.

9. Keyword dan kualitas artikel


Untuk mendapatkan iklan yang memiliki CPC yang tinggi kita perlu membuat artikel yang lengkap, informatif, berkualitas namun ringan. Selain itu beri kata kunci yang cukup banyak pada artikel. Alasannya iklan google adsense akan beradaptasi dengan jumlah kata kunci yang ada pada isi artikel, semakin banyak dan beragam maka iklan dengan cpc tinggi pun akan memiliki peluang besar untuk muncul

Itulah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi penghasilan Google AdSense Anda. Jangan lupa klik share jika artikel ini dirasa bermanfaat.


EmoticonEmoticon