Friday, July 23, 2021

Daftar Ekstensi Domain Gratis yang Bisa Digunakan



ElectronicSolution.co.id - Nama domain menjadi salah satu bagian penting jika Anda ingin membuat sebuah website profesional. Pilihan ekstensi domain sendiri saat ini ada lebih dari 500 jenis yang bisa ditentukan sesuai kebutuhan.

Bagi blogger maupun web developer, pemilihan nama domain sendiri merupakan ritual khusu yang perlu dikonsultasikan kepada klien agar website yang ingin dibuat sesuai dengan permintaan.

Nah, bagi Anda yang ingin belajar membuat website profesional namun terkendala masalah biaya, salah satunya Anda bisa memanfaatkan ekstensi domain gratis yang tersedia di banyak provider domain.

Salah satu registrar yang bisa Anda gunakan untuk mendaftar ekstensi domain gratis adalah freenom. Website ini bisa Anda akses jika ingin mendapatkan domain gratis dengan ekstensi populer seperti .tk atau .ga.

Daftar ekstensi nama domain gratis

Di bawah ini merupakan list beberapa ekstensi domain gratis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

1.TK

Ekstensi domain .tk adalah salah satu produk domain dari freenom yang banyak digunakan. Anda bisa menggunakan ekstensi domain .tk untuk berbagai kebutuhan, mulai dari website perusahaan, website personal, hingga kebutuhan website jualan.

Ekstensi domain gratis .tk sendiri sudah banyak digunakan oleh para blogger maupun web developer di seluruh dunia. Sayangnya, jika Anda menggunakan ekstensi domain .TK saat ini website Anda tidak bisa tampil di halaman pencarian Google.

Ekstensi domain gratis ini memang hanya cocok digunakan untuk belajar membuat website tanpa harus repot mengeluarkan ongkos untuk membeli nama domain.

2.ML

Ekstensi domain gratis berikutnya yang bisa Anda jadikan sebagai opsi adalah .ML. Sama seperti nama domain .TK, Ekstensi domain ini bisa Anda dapatkan melalui freenom hanya dengan melakukan registrasi email dan nomor ponsel.

3.GA

Jika Anda bosan dengan ekstensi domain .TK dan .ML, alternatifnya Anda bisa mencoba domain .GA. Ekstensi domain dua huruf ini juga merupakan produk dari freenom dengan biaya Rp 0 alias gratis untuk digunakan siapa saja.

4.CF

Beberapa kali mungkin Anda menemukan ekstensi domain .CF di halaman pencarian google. Ya, dulu di era tahun 2009 sampai sekitar 2013 awal, ekstensi domain .CF memang sangat populer digunakan oleh para blogger maupun web developer untuk membuat website.

Menariknya, saat itu ekstensi domain gratisan ini bisa terindeks dengan baik di Google sehingga setiap artikel yang dipublish bisa mendapat peringkat kompetitif di search engine.

Terlepas dari itu, semakin berkembangnya kebutuhan website dan ekosistem digital membuat ekstensi domain ini sedikit terlupakan. Orang mulai enggan memakai domain .CF karena sudah semakin susah bersaing di halaman pertama Google.

Jika Anda tidak percaya, silakan buktikan sendiri di SERP (Search Engine Result Page) bisa dipastikan bahwa ekstensi domain gratisan ini sudah tidak ada

5.GQ

Ekstensi domain gratisan berikutnya yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan adalah .GQ. Masih di antara layanan freenom, Anda bisa menggunakan domain ini secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan ketika registrasi.

Soal keamanan domain .GQ memang masih belum bisa diandalkan. Pasalnya, banyak blogger dan webmaster yang menjadikan domain ini untuk membuat website low quality content seperti website judi bola, website phishing, hingga website toko online abal-abal.

Namun, jika Anda merasa tidak keberatan dan tertarik menggunakan ekstensi domain ini, maka tidak ada salahnya mencoba untuk mendaftarkan nama domain dengan ekstensi ini.

Karena termasuk jarang digunakan, ekstensi domain gratis yang satu ini juga masih menyediakan banyak frasa premium yang bisa didaftarkan. Jadi segera buat akun freenom Anda sekarang untuk mengamankan nama domain incaran.

Kesimpulan

Itulah daftar ekstensi nama domain gratis yang bisa Anda gunakan. Di antara beberapa pilihan di atas, manakah yang ingin Anda gunakan?

Jangan lupa, jika Anda sudah mahir belajar membuat website dan sudah memiliki modal cukup untuk membeli domain, sebaiknya segera beli domain reguler.

Selain lebih SEO Friendly, ekstensi domain reguler juga bisa menjadi investasi digital dimana suatu saat nanti Anda bisa mendapatkan manfaat dari domain tersebut.

Sebagai contoh, ekstensi domain backlink.co.id. Penggunaan satu kata pada nama domain ini otomatis membuat tertarik banyak orang untuk membelinya.

Sekian untuk postingan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon