Thursday, July 23, 2020

Wajib Baca, Ini 7 Tips Blogging Untuk Blogger Pemula


ElectronicSolution.co.id - Menjadi seorang blogger tidak hanya melulu soal membuat artikel, publish dan share saja. Namun, harus memiliki visi-misi dan arah yang jelas. Kendati demikian, sayangnya kebanyakan blogger pemula terpaku untuk membuat postingan yang bukan apa ia minati, melainkan justru membuat postingan apa yang orang lain minati.

Baca juga: 10 Kesalahan Blogger Pemula yang sering terjadi.

Nah ketika membuat postingan yang tidak ia minati maka hasilnya akan setengah setengah dan tidak maksimal, pengunjung juga tidak meningkat dan akhirnya tumbang di tengah jalan. Untuk mengatasi hal yang dapat menjegal para blogger pemula, berikut ini adalah 7 tips blogging pemula yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

Tips Blogging Untuk Pemula


1. Tulislah apa yang kamu Suka

Apakah blogmu tentang tutorial? tentang memasak? tentang fotografi? apapun itu, pastikan itu adalah "gambaran dirimu". Banyak hal yang harus dilakukan untuk mempertahankan eksistensi blogmu. Jika kamu tidak cukup mencintai topik yang sedang dikerjakan, dan bila kamu tidak cukup cinta untuk menulis topik tersebut dalam jangka panjang (maka kamu akan tumbang) maka jangan memulainya. Bila kamu tidak memiliki gairah untuk topikmu, kamu tidak memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan ke pembaca.

2. Tulislah Seperti Sedang Berbicara

Membuat postingan jangan hanya terkesan satu arah, buatlah pembaca seakan membangun hubungan dengan kamu sementara mereka membaca kontenmu. Artikel sendiri sebisa mungkin sesuai dengan minat pembaca, bahasa yang ringan dan mudah dimengerti pasti akan disukai. Pembaca adalah tipe yang mudah memaafkan kalaupun dalam postinganmu ada sedikit typo. Jadi buatlah seakan akan pembaca berbicara denganmu dalam postingan tersebut

3. Utamakan Kualitas Konten

Pembuatan konten haruslah yang baik, adanya relevansi antara judul postingan dengan isi kontennya. Bila kamu membuat judul postingan yang menarik namun isi konten tersebut melenceng maka pembaca akan kecewa dan enggan kembali lagi ke blogmu. Tonjolkan sisi kreatifmu, membuat konten yang bermanfaat dan penuh inspirasi

4. Riset

SAlah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk membantu blogmu semakin bertumbuh adalah dengan mempelajari blog lain yang lebih besar. Lihatlah hal apa saja yang membuatmu menjadi tertarik dengan blog tersebut, ketika kamu menemukan hal tersebut kamu bisa menerapkannya pada blog mu dengan gaya yang berbeda. Namun saat kamu merasa sudah cukup, cukupkan saja, dan fokuskan pada blog sendiri. KAmu akan selalu mendapat respon yang baik ketika kamu menjadi diri sendiri.

5. Gunakan Foto Ilustrasi

Selain jdul, pembaca pasti akan melihat gambar postingan juga. Bila gambar yang tampil pada deskripsi postingan maka kecil kemungkinan pembaca untuk melihat konten tersebut. Pemilihan gambar yang menarik dan relevan dengan postingan sangat memiliki pengaruh, maka dari itu pilihlah yang sesuai konten.

6. Jangan Takut Berbeda

Saat kamu memilih topik yang kamu sukai, di luar sana sudah milyaran blog lain yang memiliki topik yang sama. KAmu perlu memikirkan tentang bagaimana membuat blog yang berbeda dengan yang lain. KEtika kamu memiliki sebuah ciri khas maka pembaca akan dengan mudah kembali ke blog mu dengan sendirinya, karena mereka tertarik dengan apa yang kamu suguhkan. Untuk menjadi berbeda kamu perlu melakukan semacam riset untuk melihat hal yang belum pernah ada di blog lain,dan peluang itu bisa kamu ambil

7. Ramah dan Rendah Hati

Luangkan waktu untuk menyapa pembaca setia, jadilah teman bagi pembaca blogmu, bila ada komentar balaslah kometar tersebut dengan relevan. Pembaca akan senang mendengar dan berinteraksi dengan kamu. Kunjungi juga blog mereka dan meninggalkan komentar yang baik.


Bersikaplah rendah hati dalam membangun pertemanan sesama blogger. Tidak hanya membuat kamu menjadi orang yang lebih baik, itu juga membuat orang cenderung ingin membaca blogmu dan memberi tau ke orang lain tentang hal itu.




EmoticonEmoticon