Friday, June 26, 2020

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Optimasi Artikel

ElectronicSolution.co.id - Mendongkrak trafik bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari optimasi SEO, memperbanyak artikel, hingga teknik mempromosikan blog. Banyak para blogger yang mengandalkan optimasi SEO untuk mendongkrak trafik dan melupakan tentang kualitas konten itu sendiri. Maka dari itu lebih baik fokus dalam menulis artikel yang berkualitas daripada harus bergelut dengan algoritma Google yang kian hari semakin liar.

Berikut ini adalah 7 cara meningkatkan trafik blog dengan optimasi kualitas artikel yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan.


1. Memasukkan Keyword ke Judul Artikel

Menyematkan sebuah keyword yang tertarget pada judul postingan akan meningkatkan peluang artikel tersebut terindex dengan cepat dan berada di posisi teratas. Namun, perlu diperhatikan bahwa relevansi dan manfaat artikel harus diprioritaskan daripada keyword yang diincar. Jangan memaksakan menyematkan keyword bila akhirnya judul menjadi tidak relevan, ingat prinsip untuk selalu mengutamakan pengalaman pengguna / manusia.

2. Optimasi Internal Link

Saat kamu membuat postingan baru cobalah untuk membuat internal link yang merujuk ke postingan lama yang memang relevan, berbeda dengan fitur artikel terkait yang biasanya dipasang di akhir postingan. Internal link tidak hanya membantu dalam optimasi tapi juga memberi pengalaman membaca bagi pengunjung blog, tapi hal ini dengan catatan selama kamu menghubungkan ke konten internal yang relevan

3. Konten Padat dan Jelas

Saat membuat postingan, jangan membuat postingan yang terlalu bertele tele panjang lebar, tapi juga jangan terlalu singkat. Buat artikel yang sesuai dengan proporsinya, supaya Google dapat dengan mudah merayapi artikel blog dan tidak membuat pembaca menjadi jenuh. Ada beberapa pakar SEO yang mengharuskan untuk menerbitkan minimal 1,000 kata seiap postingan. Tapi kadang isinya justru membuat bingung pembaca.

4. Membatasi Jumlah Link di Artikel

Jangan terlalu banyak menebar link, karena akan membuat pembaca kebingungan untuk mengetahui mana link yang paling penting. Selain itu Google juga akan menghukum blog yang terlalu banyak menebar link. Kamu bisa menaruh link dengan jarak 150kata antar linknya, dengan begitu kamu akan aman.

5. Gunakan Gambar Otentik

Teknik satu ini terkadang dilupakan oleh para content writer atau penulis artikel. Sebelum upload, cobalah untuk memberi nama file foto dengan nama yang relevan dan usahakan masukkan keyword ke dalamnya. Kemudian setelah diupload, pastikan kamu juga menambahkan properti Alt-Tag dan deskripsi pada gambar. Ingat, gunakan keyword yang wajar.

6. Keyword Linking

Google sangat tidak menyarankan taktik menghubungkan keyword yang sama atau frase kata kunci ke beberapa URL. Begitu pula, menghindari menghubungkan variasi frase keyword yang sama ke URL yang sama. Jadi, Usahakan untuk menghindari hal ini, bila kamu semakin konsisten dan bisa menghubungkan link maka semakin baik untuk visitors dan lalu lintas pencarian.

7. Membuat Konten Asli dan Unik

Semua tulisan dalam blog yang diterbitkan harus asli sesuai dengan pemikiran, walaupun idenya sama. Hal ini supaya tidak mendapat predikat spammer, plagiat, dsb. Jikapun kamu merujuk sebuah sumber, kamu harus mengolah informasinya dengan pemikiranmu sendiri sehingga konten yang kamu tulis tidak sama persis dengan sumbernya, dan jangan lupa untuk menyertakan sumbernya.

Itulah beberapa cara ampuh untuk meningkatkan dan mempertahankan trafik, meskipun tidak berpengaruh dalam waktu singkat. Kesabaran dan konsistensi membuat artikel berkualitas pasti akan berbuah manis.

Semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon