Friday, April 23, 2021

Pentingnya Memakai Payment Gateway untuk Bisnis



ElectronicSolution.co.id - Ada banyak cara untuk meningkatkan efektivitas bisnis di era digital. Selain dengan membuat aplikasi atau website e-commerce, Anda juga bisa menggunakan layanan Payment Gateway Indonesia untuk mengakomodir kebutuhan transaksi.

Layanan payment gateway sendiri saat ini sudah banyak digunakan oleh e-commerce dan perusahaan multinasional. Pasalnya, terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika dibandingkan dengan sistem pembayaran konvensional.

Sebagai contoh, jika sebuah website e-commerce sudah menggunakan payment gateway maka konsumen tidak harus repot melakukan konfirmasi manual agar pesanan segera diproses. Selain itu, penjual atau merchant juga tidak perlu menyediakan banyak metode pembayaran, karena semua pilihan sudah disediakan oleh vendor payment gateway.

Nah, agar lebih mengenal terkait payment gateway, berikut ini sudah kami rangkum pengertian serta berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Apa Itu Payment Gateway?


Secara umum, payment gateway adalah sebuah sistem pembayaran online yang berfungsi melayani dan memudahkan berbagai transaksi digital. Layanan payment gateway ibarat gerbang yang membantu penjual memastikan proses pembayaran dari konsumen berjalan dengan baik, apapun metode pembayarannya.

Cara kerja payment gateway sendiri cukup berbeda dibandingkan dengan metode pembayaran langsung (direct transfer). Prosesnya sedikit lebih panjang dan rumit, namun semua itu dilakukan secara otomatis.

Pada akhirnya, hal ini tentu akan sangat memudahkan ketika bisnis Anda memiliki volume transaksi yang besar setiap hari.

Keuntungan Menggunakan Payment Gateway


Bicara soal keuntungan payment gateway, ada dua perspektif yang bisa kita ambil. Pertama, dari sisi penjual atau merchant dan dari sisi pembeli atau konsumen.

Keuntungan untuk Penjual


1.Verifikasi Lebih Cepat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, proses transaksi menggunakan payment gateway lebih cepat dibandingkan pembayaran langsung (direct transfer). Salah satunya karena penjual tidak perlu melakukan verifikasi manual kepada setiap pembayaran yang masuk.

Teknologi payment gateway secara otomatis akan mengkonfirmasi orderan, melakukan verifikasi berdasarkan invoice, kemudian meneruskannya kepada penjual.

2.Anti Fraud Detection

Guna menambah keamanan dan kenyamanan ketika melakukan transaksi. Layanan payment gateway saat ini sudah memiliki fitur anti fraud detection yang bertugas mencegah adanya kesalahan sistem.

3.Tidak Perlu Punya Banyak Rekening Bank

Salah satu kesulitan pebisnis online ketika baru memulai usaha adalah keterbatasan pilihan metode pembayaran. Ketika menggunakan payment gateway Anda tak perlu khawatir lagi soal hal ini, karena pilihan metode pembayaran biasanya sudah disediakan oleh vendor payment gateway.

Layanan Payment Gateway Indonesia PrismaLink International misalnya, dengan terhubung bersama PrismaLink melalui dokumentasi API dan plugin, merchant dapat menerima pembayaran dengan metode pembayaran virtual account, QR Code, direct debit (Debitin), kartu kredit, minimarket, hingga e-money. Sangat lengkap, bukan?

Sebagai informasi, PrismaLink adalah perusahaan payment gateway terbaik di Indonesia yang telah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia. Prismalink juga menawarkan layanan payment gateway yang lengkap serta harga yang terbilang cukup kompetitif dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

4.Verifikasi Otomatis

Verifikasi otomatis adalah fitur dari payment gateway yang menurut penulis paling bermanfaat untuk penjual maupun pembeli. Karena pembeli tinggal melakukan transfer dan bisa terverifikasi secara otomatis, lebih hemat waktu untuk yang sedang terburu-buru.

Keuntungan untuk Pembeli




1.Transaksi Lebih Aman

Transaksi menggunakan payment gateway sudah memiliki keamanan yang teruji. Setidaknya ada tiga teknologi yang biasa digunakan, pertama adalah Address Verification System yang yang berfungsi untuk memeriksa rincian tagihan customer. Kemudian ada Card Security Code untuk memeriksa tiga digit terakhir nomor kartu kredit/debit, dan yang terakhir adalah 3D Secure Password untuk keamanan setiap transaksi.

2.Lebih Banyak Pilihan Metode Pembayaran

Selain harga, dan kualitas produk, opsi metode pembayaran sering kali jadi penentuan apakah konsumen akan checkout atau tidak.

Nah, dengan menggunakan payment gateway konsumen bisa memilih metode pembayaran sesuai yang mereka butuhkan. Pilihannya pun banyak, mulai dari transfer ke berbagai jenis bank, kartu kredit, hingga melalui minimarket.

3.Proses Cepat dan Mudah

Keuntungan payment gateway berikutnya adalah proses yang yang mudah dan cepat. Pembeli tinggal memilih metode pembayaran yang diinginkan, kemudian sistem payment gateway akan mengurus proses verifikasi secara otomatis dalam hitungan menit.

4.Tidak Repot

Calon pembeli tak perlu repot melakukan konfirmasi pembayaran yang sudah dilakukan. Anda tinggal memilih barang, checkout, bayar sesuai metode pembayaran yang digunakan, kemudian tinggal menunggu barang dikirimkan oleh penjual.

Kesimpulan


Itulah pembahasan terkait pengertian payment gateway dan keuntungannya untuk bisnis Anda. Tidak dipungkiri lagi, payment gateway adalah salah satu teknologi yang bisa membantu akselerasi bisnis di era digital.

Sebagai pebisnis, ada banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa Anda dapatkan. Sementara dari segi konsumen bisa mendapat fleksibilitas serta jaminan keamanan ketika melakukan pembayaran.

Nah, bagi Anda yang saat ini ingin mencoba menggunakan payment gateway Indonesia salah satu opsinya adalah PrismaLink.

Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon