Tuesday, August 4, 2020

Cara Membangun Blog Berkualitas Untuk Mendapatkan Uang



ElectronicSolution.co.id - Menghasilkan uang dari internet dapat dilakukan dengan cara apa saja, salah satunya dari blog. Kegunaan blog bukan hanya menjadi tempat menulis artikel, melainkan tempat Anda menghasilkan uang. Cara mendapatkan uang dari blog sendiri dapat melalui berbagai jalan, misalnya saja seperti lewat platform pay per click Google Adsense atau via endorsement dari penjual.

Nah, sebelum bisa menghasilkan uang, Anda harus membuat blog tersebut dengan kualitas tinggi. Blog yang berkualitas akan dipercaya oleh pelanggan maupun pihak endorsement sehingga semakin menambah besar peluang dalam meraup pundi-pundi dolar.

Cara Membangun Blog Berkualitas


Untuk bisa mendapatkan uang dari blog perlu adanya peningkatan kualitas dalam mengelola blog tesebut. Apabila blog Anda sudah berkualitas, maka baru Anda membicarakan terkait rupiah.

Dalam hal ini, Anda tidak bisa menghasilkan cuan dari blog yang berkualitas rendah, oleh sebab itulah diperlukan adanya optimasi yang maksimal. Lalu, bagaimana cara membuat blog berkualitas tinggi, mari simak cara-caranya di bawah ini.

1. Buat Blog Platform Terbaik

Membuat blog berkualitas tentunya berasal dari platform terbaik dan berkualitas juga. Untuk platformnya sendiri banyak yang bisa Anda pilih, mulai dari Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, hingga WordPress.

Setiap platform punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda harus menentukan dulu kebutuhan Anda sendiri dari platform tersebut. Apabila memerlukan platform dengan tingkat pengguna pemula maka Anda bisa memilih blogspot ataupun WordPress.

Adapun jika Anda masih bingung dalam menentukan platform, desain, ataupun layout yang tepat maka Anda bisa melakukan konsultasi kepada tim Bikin.Website sebagai salah satu perusahaan jasa pembuatan website terpercaya di Indonesia.

2. Buat Konten Blog Bermanfaat dan Menarik


Setelah Anda membuat blog, kini saatnya Anda memikirkan untuk membuat konten yang bermanfaat dan menarik di mata pembaca. Konten yang bermanfaat dapat diartikan bisa membuat pembaca menemukan solusi melalui artikel yang Anda tulis. Misalnya seperti membagikan informasi voucher belanja atau tips mengelola keuangan dari pendapatan yang pas-pasan.

Ketika pembaca mencari sebuah kata kunci di Google, artinya mereka sedang mengharapkan bisa mendapat solusi untuk menyelesaikan permasalahan mereka.

Sementara itu, untuk membuat konten blog yang menarik bisa dilakukan dengan mengambil sudut pandang yang unik. Upayakan dalam mengambil sudut pandang yang belum dibahas oleh website lain.

Selanjutnya buatlah judul yang kreatif, karena judul menjadi daya tarik utama bagi para pembaca. Untuk meyakinkan pembaca secara lebih mendalam, Anda bisa menerapkan visual gambar pada artikel yang telah dibuat.

3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda

Salah satu sumber pengunjung blog terbesar Anda ialah pencarian organik dari Google. Oleh karena itu, Anda harus punya kualitas SEO yang baik agar algoritma Google bisa membaca isi artikel Anda untuk naik peringkat.

Optimasi SEO dapat dilakukan dengan memaksimalkan artikel untuk bisa muncul pada halaman pertama mesin pencari Google. Pasalnya, website yang muncul pada halaman pertama cenderung lebih banyak di klik oleh pengunjung.

4. Promosikan Blog di Media Sosial

Selain mencari pembaca secara organik melalui optimasi SEO, Anda bisa memanfaatkan sosial media dengan jangkauan yang lebih luas. Ada berbagai sosial media yang dapat Anda gunakan, mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, Kaskus, dan lain sebagainya. Media sosial yang paling potensial mempromosikan blog Anda ialah media sosial dengan pengikut terbanyak pada akun Anda.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki produk atau jasa dengan target audiens yang berasal dari generasi milenial maka sangat disarankan untuk melakukan promosi via twitter dan Instagram.

Sementara jika target Anda adalah kalangan orang tua, maka akan lebih mudah menjangkaunya menggunakan facebook.

5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog kepercayaan

Untuk mendapat kepercayaan dari pembaca, maka Anda harus konsisten dalam membuat konten. Menjaga kepercayaan pembaca bisa dikatakan sulit, akan tetapi Anda harus melakukannya. Untuk menilai pembaca percaya terhadap blog Anda bisa dengan meminta saran, kritik, dan feedback yang membangun.

Seiring perkembangan teknologi, blog sendiri saat ini tidak lagi bersifat satu arah tapi memiliki konsep timbal balik yang bisa menimbulkan interaksi. Nah, manfaatkan kombinasi antara kepakaran dan kepercayaan dari pengguna untuk menjual produk ataupun jasa sehingga Anda mendapatkan komisi.

Penutup


Demikianlah tahapan cara membangun blog berkualitas untuk mendapatkan pundi-pundi uang yang bisa Anda praktekkan. Setelah lima tahap di atas sudah Anda lakukan, selanjutnya Anda bisa mulai melakukan monetisasi. Sumber penghasilan utama blog adalah Google Adsense dan penghasilan lainnya dapat berupa endorsement, berjualan, afiliasi, dan lainnya.

Semoga bermanfaat



EmoticonEmoticon