Thursday, October 8, 2020

Cara Meningkatkan Brand Awareness



ElectronicSolution.co.id - Menjalankan bisnis online atau online tentu memerlukan strategi pemasaran agar produk yang Anda tawarkan bisa laris terjual dan keuntungan yang diperoleh memuaskan. Salah satu faktor penting dalam berbisnis yaitu membangun branding. Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai pengertian brand awareness dan cara meningkatkannya, mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian Brand Awareness

 


 

Brand awareness atau kesadaran merk merupakan kemampuan calon konsumen atau pembeli untuk mengenali atau mengingat suatu merk dari produk tertentu, seperti nama produk, desain logo, atau slogan dari para pelaku bisnis dalam mempromosikan produknya. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan tingkatan pengakuan konsumen terhadap suatu produk, baik barang atau jasa. Semakin banyak konsumen yang berhasil mengingat brand dari produk yang Anda jual, maka intensitas penjualan juga akan meningkat. Brand Awareness Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai definisi dari kesadaran merk atau brand awareness yaitu sebagai berikut ini.

1. Rossister dan Percy

Rossister dan Percy berpendapat bahwa kesadaran merk atau brand merupakan kemampuan konsumen untuk mengenali dan menyebut setiap merk yang ada di pasar tanpa mengelompokkannya secara detail saat akan melakukan proses pembelian produk barang atau jasa yang dimaksud.

2. Shimp

Menurut Shimp, definisi kesadaran merk yaitu kemampuan sebuah merk produk yang ada di pasaran untuk muncul di benak para konsumennya. Ketika konsumen menginginkan atau memikirkan kategori suatu produk tertentu seperti produk air mineral, maka nama brand suatu produk yang sudah dikenali akan muncul di benak konsumen.

3. Soehadi

Soehadi mengemukakan pendapatnya mengenai kesadaran merk yaitu suatu hal yang dapat membuat konsumen mengerti bagaimana kategori suatu produk barang atau jasa bersaing di pasaran. Keberhasilan dalam membangun brand menyesuaikan seberapa jauh konsumen mengenali nama brand suatu produk yang dirancang untuk kebutuhan para konsumen itu sendiri.

Cara Meningkatkan Brand Awareness


Setelah Anda mengetahui pengertian dan definisi dari kesadaran merk atau brand, berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk membangun dan meningkatkannya.

1. Partnering

Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merk yaitu dengan bekerja sama dengan brand lain atau yang biasa disebut dengan partnering. Tujuan dari partnering ini untuk membantu memperkenalkan bisnis Anda kepada calon konsumen atau pelanggan dan saling bertukar pelanggan dengan partner yang bekerja sama dengan bisnis Anda dari segmen pasar yang berbeda.

2. Referral Programs

Cara kerja dari referral programs ini sama halnya dengan promosi melalui mulut ke mulut. Anda bisa mengenalkan bisnis Anda ke orang-orang terdekat seperti saudara atau kerabat, teman, atau tetangga. Dengan begitu, produk barang atau jasa dari bisnis yang Anda geluti bisa dikenal secara lebih luas.

Namun sebenarnya, pengertian dari referral programs dengan promosi secara konvensional cukup berbeda. Jika pada promosi konvensional tidak melibatkan insentif, maka pada referral programs memerlukan insentif yang diberikan kepada pihak yang membantu mempromosikan dan berhasil mengajak orang lain untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

3. Review Pelanggan

Menurut survei online, hampir sebagian besar calon pembeli memutuskan membeli suatu produk karena dipengaruhi oleh testimoni atau review pelanggan lainnya. Pembeli cenderung lebih mempercayai suatu toko yang sudah terpercaya melalui ulasan yang diberikan pembeli lainnya.

Bagi Anda yang sudah memiliki website bisnis online sendiri, Anda bisa meningkatkan kesadaran merk dengan menawarkan loyalty program atau keuntungan member. Pelanggan akan mendapatkan poin apabila memberikan review produk yang mereka beli. Tanpa terkesan memaksa, pembeli akan dengan sukarela memberikan ulasan terhadap produk yang Anda jual.

4. Sponsor

Cara yang paling umum dilakukan oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan popularitas suatu brand atau merk yaitu dengan sponsorship. Anda bisa memberikan sponsor ke sebuah event atau acara untuk mengenalkan dan mempromosikan bisnis. Meski terbilang efektif, cara ini sering kali tidak diterapkan karena biaya yang harus dikeluarkan cukup besar.


5. Influencer Marketing

Salah satu strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merk sejak munculnya media sosial Instagram yaitu influencer marketing. Anda bisa bekerja sama dengan para influencer atau selebgram untuk mempromosikan produk barang atau jasa dari bisnis Anda. Agar feedback atau umpan balik yang diterima sesuai dengan harapan, Anda harus selektif dalam memilih influencer.

6. Kontes di Media Sosial

Hampir sama dengan influencer marketing, menyelenggarakan kontes di media sosial ini juga dinilai efektif untuk meningkatkan mention, reach, dan engagement dalam waktu yang relatif singkat. Sebagai pemilik bisnis, Anda juga perlu merancang desain strategi lanjutan seperti memberi kupon diskon, promo menarik, atau bonus untuk para peserta yang berpartisipasi dalam kontes yang Anda buat.

Hal ini perlu Anda lakukan karena peserta kontes merupakan calon pelanggan yang potensial. Mereka memiliki kemungkinan yang besar untuk tertarik dengan produk yang Anda jual.

7. Podcast

Meski masih terbilang baru di Indonesia, podcast cukup efektif untuk meningkatkan brand produk. Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan misalnya konten berbentuk audio yang memberikan kesan ramah dan dekat kepada calon pelanggan.

Meningkatkan kesadaran merk suatu produk bukan hanya sekadar memasang baliho atau spanduk besar di tempat-tempat strategis saja. Dengan membangun dan meningkatkan brand awareness, penjualan produk akan meningkat dan memudahkan konsumen untuk mengenali, serta mengingat produk dari bisnis yang Anda jalankan.

1 comments

sekarang store electronic solutions ada dimana ya yang buka?


EmoticonEmoticon