Thursday, June 4, 2020

4 Tips Mengantisipasi Deface Web



ElectronicSolution.co.id - Dalam mengelola website terkadang ada saja kendala yang ditemui. Selain seringkali mengalami kesulitan dalam memproduksi konten, beberapa pemilik website juga sering dibuat kebingungan karena ulah jail atau iseng dari para hacker di ranah digital.

Para hacker yang usil kerap kali menjadikan website bisnis atau pemerintahan sebagai sasaran tembak untuk adu skill. Nah, agar situs Anda tidak menjadi salah satu korbannya, berikut kami bagikan tips dan trik ampuh tentang cara mengantisipasi Deface Web. Berikut selengkapnya:

4 Tips Mengantisipasi Deface Web


1. Perbarui Versi WordPress Anda

Selalu perbarui situs WordPress Anda ke versi terbaru. WordPress menjaga keamanan dengan serius dan terus-menerus merilis pembaruan otomatis yang dimaksudkan untuk membuat situs web aman.

2. Pertahankan Plugin yang Diperbarui dan Hapus yang Tidak Perlu

Percaya atau tidak, deface web dapat terjadi dengan mudah jika Anda terbiasa meninggalkan plugin yang lama. Peretas menemukan dan mengeksploitasi kerentanan dalam plugin untuk menyuntikkan backdoors ke situs web Anda.

Plugin yang diperbarui selalu dilengkapi dengan perbaikan bug dan peningkatan keamanan yang meminimalkan risiko diretas. Pastikan untuk meminta tim pemeliharaan situs web Anda untuk memperbarui semua plugin dan tema secara manual.

3. Buat Backup secara berkala

Sebelum meningkatkan plugin atau tema di situs web Anda, buat cadangan seluruh database. Cara ini dapat dilakukan secara manual atau melalui plugin gratis seperti WP Backup. Anda juga dapat menggunakan premium plugin Buddy Backup. Plugin tidak hanya dapat membuat cadangan database Anda, tetapi seluruh file situs WordPress.

4. Gunakan Software Pemantauan Situs Web

Berikut ini adalah daftar 5 alat untuk memantau situs web Anda dan mengingatkan jika ada gangguan

• ChangeDetection

• IPVTec

• SUCURI

• OnWebChange

• Situs 24x7


Menerapkan tips di atas tidak menjamin situs web Anda akan anti-hacker. Namun, dengan menerapkan tips di atas, peluang situs web Anda dirusak akan berkurang secara signifikan.Apalagi jika Anda sudah menggunakan cloud hosting Indonesia dengan teknologi terkini. Tentu, hacker juga akan lebih sulit dalam meneroboscelah keamanan.

Semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon