Tuesday, June 2, 2020

5 Tips Beli Hosting yang Sesuai dengan Kebutuhan Website Anda



ElectronicSolution.co.id - Sama seperti memilih suatu barang, memilih hosting juga harus dilakukan dengan cermat. Anda tidak boleh asal memilih hosting karena akan berdampak pada performa website yang Anda kelola. Lalu, bagaimana cara memilih hosting terbaik? Salah satu caranya adalah dengan mengetahui tips beli hosting terbaik agar tidak salah beli.

Namun, sebelum memulai tipsnya, Anda perlu lebih dulu mengenali tujuan penggunaan website. Berbeda tujuan penggunaan berbeda pula jenis hosting yang harus dipilih. Misalnya, website untuk tujuan jual beli atau e-commerce akan berbeda dengan website yang hanya untuk tujuan pribadi, seperti mengunggah tulisan.

Kemudian, Anda bisa mengikuti satu per satu tips beli hosting berikut ini.

1. Perhatikan faktor pendukung performa server

Yang pertama adalah perhatikan faktor-faktor yang mendukung performa server, seperti kecepatan dan spesifikasi server serta bandwidth. Hal ini penting karena kestabilan dan kecepatan website Anda tergantung dari faktor pendukung ini.

Semakin besar kapasitas faktor pendukung ini, semakin stabil website yang Anda kelola. Website bisa mengalami down jika bandwidth yang disediakan oleh hosting jumlahnya terbatas.Jadi, jika Anda saat ini mengelola perusahaan yang sedang berkembang lebih baik menggunakan paket Business Cloud Hosting yang jauh lebih baik dibandingkan Shared Hosting biasa.

2. Pilihlah hosting yang harganya terjangkau

Yang kedua adalah harganya terjangkau. Ada banyak penyedia hosting yang menawarkan hosting dengan harga terjangkau. Tidak sedikit pula yang memberikan diskon besar-besaran untuk para konsumennya. Anda bisa memanfaatkan ini untuk mendapatkan hosting terbaik dengan harga yang murah meriah.

Salah satu kunci untuk mendapatkan hosting dengan harga terjangkau adalah jangan malas mencari sebanyak-banyaknya referensi. Anda bisa mencari di internet atau meminta rekomendasi dari teman. Semakin banyak referensi yang Anda miliki, semakin mudah Anda membandingkan hosting yang satu dengan hosting lainnya. Sebagai informasi, terkadang provider Indonesia juga memberikan diskon untuk pembelian paket selama satu tahun.

3. Ada garansi

Tips beli hosting yang ketiga adalah pilihlah hosting yang menawarkan garansi. Garansi yang dimaksud bisa berupa apa saja, misalnya garansi uang kembali jika Anda tidak merasa puas atas layanan yang diberikan.

Hosting yang memberikan garansi demikian berarti sangat peduli dengan kepuasan konsumen. Mayoritas penyedia hosting menawarkan garansi ini. Bedanya ada pada syarat dan kebijakan yang diberlakukan. Untuk itu, jangan langsung memilih hosting dengan jaminan uang kembali. Pelajari dulu syarat dan ketentuan yang diberikan. Pastikan persyaratannya bisa mudah dan tidak menyesatkan.

4. Memiliki layanan customer support yang berkualitas

Yang keempat adalah memilih hosting yang memiliki layanan customer support berkualitas. Layanan customer ini akan membantu Anda menyelesaikan berbagai masalah yang muncul dari hosting tersebut, mulai dari masalah error, website down, atau masalah lainnya. Untuk itu, Anda juga harus memastikan layanan yang diberikan berkualitas sehingga bisa menyelesaikan masalah yang ada.

Penting juga memilih layanan customer support yang tersedia selama 24 jam penuh selama 7 hari mengingat masalah hosting tidak memAndang waktu. Dengan layanan konsumen yang tersedia sepanjang waktu, Anda bisa melaporkan masalah kapanpun dan bisa mendapatkan solusinya saat itu juga.

5. Fitur pendukung

Tips beli hosting yang terakhir adalah fitur pendukung. Ada banyak sekali fitur pendukung yang ada pada web hosting, misalnya fitur keamanan dan fitur untuk mengatasi spam. Tidak perlu semua fitur Anda miliki. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan website yang Anda kelola.

Untuk website bisnis misalnya, fitur yang lumayan penting adalah sistem kemanan anti spam dan DDoS yang bisa didapatkan dai layanan Imunify360. Sementara jika Anda ingin meningkatkan loading website, bisa menggunakan hosting dengan fitur penyimpanan berbasis SSD dan LiteSpeed API seperti pada paket High Performance dan Hosting Bisnis di Qwords.com.


Nah, demikianlah 5 tips beli hosting yang perlu Anda ketahui. Dengan menerapkan 5 tips tersebut dengan baik, memilih web hosting berkualitas terbaik dengan harga terjangkau adalah hal yang sangat mungkin. Untuk itu, pilihlah dengan teliti dan perbanyak referensi untuk mendapatkan web hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kantong Anda.



EmoticonEmoticon