Wednesday, May 20, 2020

Blogspot vs WordPress: Mana yang Lebih Cocok Untuk Pemula?



ElectronicSolution.co.id - Setelah sebelumnya kita membahas terkait harga domain, kali ini kita akan masuk ke dalam pembahasan komponen lain yang tak kalah penting ketika membuat website, yakni platform untuk mengatur konten.

Ada beragam jenis platform blogging yang bisa digunakan, akan tetapi saat ini setidaknya ada dua platform teratas yang sangat populer digunakan, keduanya adalah WordPress dan Blogspot. Lantas, platform manakah yang lebih cocok untuk para pemula? Sebelum masuk kedalam pembahasan terkait Blogspot vs WordPress, alangkah baiknya jika kita mencerna dan menelaah terlebih dahulu tujuan awal pembuatan website.

Pertama, apakah Anda ingin membuat website untuk kebutuhan belajar, untuk keperluan jual-beli online dan promosi produk, untuk publikasi tulisan (blogging), mencari penghasilan dari Google Adsense, atau yang lainnya. Nah, tujuan tersebut sayangnya bakal mempengaruhi keputusan untuk menentukan pilihan antara Blogspot dan WordPres. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk menentukan mulai dari awal.

Blogspot vs WordPress: Sejarah dan Perkembangan

 


Tidak banyak yang tahu bahwa Blogspot sebenarnya lebih tua dari WordPress. Blogspot tercatat meluncur perdana pada 23 Agustus 1999 atau sekitar 20 tahun lalu. Sementara sang pesaingnya (WordPress) baru mulai menampakkan diri pada 27 Mei 2003.

Dari segi perkembangan, setelah mengudara beberapa tahun Blogspot yang notabene dibuat oleh Pyra Labs akhirnya dicaplok oleh perusahaan raksasa mesin pencari Google pada tahun 2003. Sejak adanya akuisisi tersebut, pamor Blogspot atau Blogger.com kian meroket karena Google memberikan fasilitas-fasilitas menarik yang akan kita bahas pada point selanjutnya.

Adapun perkembangan WordPress dari awal kemunculannya juga cukup pesat berkat sistem open source dimana setiap orang atau organisasi bebas mengembangkan CMS WordPress sesuai kebutuhan.

Blogspot vs WordPress: Teknologi yang Digunakan

 



Jika menilik dari segi teknologi, baik Blogspot maupun WordPress keduanya tidak bisa disamakan. Blogspot menggunakan basis bahasa pemrograman Python untuk mengakomodir sistem agar lebih optimal ketika digunakan. Sementara itu, WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL yang sangat fleksibel untuk dikembangkan.

Blogspot vs WordPress: Fitur

 


Tidak bisa dipungkiri, dari segi fitur Blogspot sama sekali tidak bisa mendekati WordPress yang terkenal sangat powerfull dalam hal customisasi. Hal ini tentu tidak bisa dituntut dan disalahkan, karena menurut beberapa pakar, Google memang sengaja mendesain Blogspot sebagai platform blogging yang mudah dan ramah bagi pengguna awam.

Maka dari itu, fitur dari blogspot hanya sebatas fungsi dasar, di antaranya seperti kemampuan untuk posting artikel, upload gambar, mengatur layout, edit HTML, serta bagian-bagian yang berhubungan dengan ranah web crawl.

Di sisi lain, WordPress memiliki fitur yang sangat berlimpah, bahkan bisa dikatakan tidak terbatas selama Anda memiliki kemampuan untuk mengembangkan. Oh iya, fitur utama dari WordPress yang sangat membedakan dari Blogspot adalah kemampuan untuk menggunakan Plugin. Apa itu Plugin? Nanti akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Selain itu, WordPress juga mendapat perlakuan istimewa dari perusahaan web hosting. Dalam layanan Qwords.com misalnya, terdapat paket WordPress Hosting yang sengaja dihadirkan untuk menunjang performa website agar semakin optimal. Paket ini bisa didapatkan mulai dari Rp50 ribuan perbulan, jauh berbeda dengan paket Hosting Murah yang bisa didapatkan hanya dengan Rp14 ribuan perbulan.

Blogspot vs WordPress: Search Engine Optimization


SEO atau Search Engine Optimization beberapa tahun terakhir sedang naik daun karena dipercaya mampu meningkatkan pamor website. Alhasil ada beberapa rumor yang beredar dikalangan pengguna bahwa Blogspot mendapat posisi lebih baik di mesin pencari karena dimiliki oleh Google. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa WordPress lebih powerfull dari segi SEO dibandingkan dengan Blogspot custom domain sekalipun.

Lantas, argumen manakah yang benar?

Sayangnya, tidak ada cara untuk membuktikan asumsi ini secara faktual. Alih-alih digunakan untuk mendebatkan sesuatu yang kurang masuk akal, bukankah lebih baik waktu tersebut kita gunakan untuk menulis konten dan optimasi Link Building agar posisi website lebih baik dari kompetitor?

Kesimpulan


Baik Blogspot maupun WordPress, keduanya sebenarnya memiliki keunggulan yang sama-sama baik untuk menunjang aktivitas blogger pemula. Blogspot sangat user friendly dan simpel bagi pengguna yang ingin fokus menulis tanpa perlu memikirkan bagaimana cara kustom fitur dan plugin, jadi sangat pas untuk para pelajar.

Sementara itu, WordPress bisa digunakan untuk beralih ke tingkat lanjut jika ingin membuat website professional untuk kebutuhan bisnis perusahaan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan fitur-fitur canggih yang tidak bisa digunakan oleh Blogspot, misalnya seperti fitur checkout produk belanjaan, optimalisasi cache, atau integrasi dengan payment gateway.

Pada akhirnya kesimpulan ada ditangan Anda sendiri, karena setiap orang memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda. Sekian pembahasan seputar Blogspot vs WordPress pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.




EmoticonEmoticon