Monday, May 18, 2020

Cara Menggunakan VPN Agar Koneksi Tetap Aman



ElectronicSolution.co.id - Sekarang ini menggunakan internet di Indonesia bisa dibilang sudah tidak sebebas dulu. Jika dulu hampir semua situs bisa kita buka, sekarang banyak situs yang tidak bisa kita kunjungi. Seperti misalnya Netflix. Orang-orang kemudian menggunakan VPN. Banyak orang mencari cara menggunakan VPN, tapi terkadang mereka lupa kalau menggunakan VPN harus hati-hati.

Apa Itu VPN?

 


Sebelum membahas cara menggunakan VPN agar tetap aman, Anda harus mengenal dulu apa itu VPN. VPN itu Virtual Private Network atau jaringan pribadi. Layanan ini mampu memberikan Anda akses yang aman dan private. Tapi soal aman dan tidaknya masih jadi perdebatan.

Intinya, ketika Anda menggunakan VPN, Anda akan menjelajahi internet dari alamat IP yang berbeda. Terkadang alamat IP yang dipakai adalah alamat IP luar negeri. Hal itu berguna untuk menghindari jaringan publik yang kalau di Indonesia diawasi oleh pemerintah sehingga banyak larangannya.

Sekarang ingat logika ini sebelum nanti kita membahas bagaimana cara menggunakan VPN yang aman. Kalau Anda berselancar di Internet melalui jaringan publik yang diawasi pemerintah, aman tidak? Secara logika pasti aman donk. Kan diawasi pemerintah. Ada polisi, tentara, dan peraturan pemerintah yang jelas. Ada yang melindungi Anda.

Sementara jika Anda menggunakan VPN, Anda tidak melewati jaringan yang diawasi pemerintahan itu. Jadi, Anda secara otomatis berada di luar tanggung jawab pemerintah. Di jaringan bebas itu tidak terdapat keamanan apapun. Siapapun bisa datang, mengambil data Anda dan mencuri data Anda. Karena tidak ada yang mengamankan.

Kegunaan VPN


1. Keamanan (katanya)

Menurut banyak situs, menggunakan VPN aman. Memang menggunakan VPN aman jika VPN hanya dipakai untuk jaringan dalam kantor saja. Artinya koneksinya bukan internet, tapi koneksi intranet. Aman untuk menjaga data kantor dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tapi, kalau kita melihat cara menggunakan VPN tapi dari sudut pandang yang lebih luas, maka menggunakan VPN bisa jadi tidak aman.

2. Berselancar Tanpa Nama (Anonim)

Kegunaan yang selanjutnya adalah Anda bisa menjelajahi internet secara anonim. Jadi Anda tidak perlu menyembunyikan alamat IP karena secara otomatis sudah disembunyikan. Bahkan ketika menggunakan VPN, Anda akan “tersembunyi” secara menyeluruh.

3. Akses Jarak Jauh

Untuk kebutuhan kerja di sebuah kantor, VPN memungkinkan seseorang mengakses data dan internet dari kantor ketika ia sedang berada di luar kantor. Dalam hal ini VPN mendukung efektifitas dan produktifitas pekerjaan di kantor.

4. Masuk Ke Situs yang Diblokir

Ini adalah kegunaan yang paling sering dipakai oleh banyak orang. VPN nyatanya membuat kita bisa mengunjungi website mana pun yang kita mau. Bahkan website-website yang dilarang pemerintah.

5. Mengubah IP Address

Anda juga bisa mengubah IP Address ketika menggunakan VPN jadi seperti tidak terlacak. Ketika Anda memakai VPN, secara otomatis IP Address Anda akan dilempar entah ke negara mana. Jadi alamat IP Anda berubah.

Bahaya Menggunakan VPN Gratis


Setidaknya ada 3 bahaya yang mengintai Anda ketika menggunakan VPN terutama VPN Gratis.

1. Pencurian dan Penjualan Data Ilegal

Pertama, data Anda yang menggunakan VPN bisa dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Bahkan data Anda bisa dicuri oleh perusahan yang memiliki aplikasi atau fasilitas VPN tersebut. Jika sudah dicuri, data Anda bisa dijual dan dipakai untuk hal apapun yang mungkin akan merugikan Anda.

2. Malware

Ancaman berikutnya adalah malware. Ketika Anda menggunakan VPN, maka keamanan jaringan Anda tidak ada yang menjaga. Di momen itulah malware atau virus bisa masuk ke dalam komputer Anda.

3. Komputer Beresiko Diserang

Komputer Anda bisa diserang dengan berbagai macam bentuk dan cara. Misalnya dengan serangan man in The Middle. Dimana di tengah pembicaraan atau koneksi yang dilakukan komputer Anda, ada orang ketiga yang sedang menyadap perbincangan itu dan mencuri data dari Anda.

Cara Menggunakan VPN Agar Aman


Lalu bagaimana cara menggunakan VPN yang Aman?

1. Gunakan VPN Berbayar

Ketika Anda ingin menggunakan VPN tapi tetap aman, cara pertama adalah dengan menggunakan VPN yang berbayar. VPN yang berbayar lebih kredibel karena perusahaannya benar-benar ada, tercatat secara hukum di negara mereka, dan jika terjadi apa-apa, Anda tahu siapa yang harus dituntut.

Selain itu menggunakan VPN berbayar biasanya lebih aman karena perusahaan akan menawarkan fitur keamanan yang tidak dimiliki oleh VPN gratis. Saat ini ada banyak jenis layanan VPN Murah di Indonesia, salah satunya adalah DiegoVPN dengan biaya akses hanya Rp20 ribuan perbulan.

2. Gunakan Sesuai Kebutuhan

Gunakan hanya sesuai kebutuhan Anda. Jangan pernah menggunakannya untuk banyak hal. Misalnya hanya untuk membuka situs-situs tak penting. Hal itu bisa merugikan Anda. Selain itu ketika Anda memilih menggunakan VPN, jangan pernah mencoba menggunakan mobile banking. Karena data Anda bisa dicuri orang.


Kenali pengertian apa itu VPN, cara kerja, dan fungsi VPN sebelum Anda menggunakannya. Jangan sampai Anda berpikir VPN memudahkan Anda tapi ternyata malah merugikan.

Semoga bermanfaat



EmoticonEmoticon