Thursday, May 14, 2020

Apakah Remote Working Efektif untuk Perusahaan?



ElectronicSolution.co.id - Remote working atau bekerja remote merupakan istilah yang tidak asing di dunia kerja. Remote working merupakan kerja jarak jauh, dimana pekerjaan tersebut bisa Anda lakukan di mana saja. Pekerjaan dengan metode yang satu ini umumnya banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan start-up.

Metode kerja remote working ternyata memberikan manfaat bagi sebagian orang. Misalnya, seorang ibu yang bekerja di rumah bisa sekaligus meningkatkan quality time bersama keluarganya. Selain itu, karyawan yang bekerja secara remote juga bisa menghemat transportasi dan biaya makan di luar. Dengan demikian, metode bekerja yang satu ini cukup memberikan manfaat bagi karyawan.

Adapun kelebihan dan kekurangan dari remote working, yaitu sebagai berikut.

Kelebihan Remote Working


1. Lebih Fleksibel

Salah satu keuntungan bekerja secara remote adalah waktu yang lebih fleksibel. Karyawan bisa bekerja di mana saja. Tidak harus di rumah, tetapi bisa di café, rumah teman, dan lain sebagainya. Yang terpenting, tempat tersebut bisa memberikan kenyamanan dan keamanan saat melakukan pekerjaan.

2. Bisa Meluangkan Waktu Lebih Banyak dengan Keluarga

Bekerja secara remote juga bisa memberikan waktu lebih banyak untuk keluarga. Dengan menggunakan metode kerja ini, karyawan bisa bekerja di rumah dengan waktu yang fleksibel dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga.

3. Menghemat Biaya dan Tenaga

Keuntungan lainnya, yaitu Anda bisa lebih menghemat biaya dan tenaga. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi dan menghemat tenaga karena tidak perlu ke luar rumah.

Kekurangan Remote Working


1. Kurangnya Akrab dengan Karyawan Lain

Bagi sebagian karyawan, metode remote working bisa mengurangi keakraban dengan karyawan lain. Pasalnya, mereka akan jarang bertemu, dan bisa saja hanya berkomunikasi melalui jejaring sosial saja atau saat ada meeting.

2. Adanya Gangguan

Saat bekerja secara remote, konsentrasi dan kedisiplinan sangat dibutuhkan. Namun, saat bekerja di rumah, bisa saja Anda mengalami gangguan dari tetangga atau bahkan orang-orang rumah sendiri, seperti anak-anak. Dengan demikian, bekerja pun tidak akan kondusif.

3. Masalah kepercayaan

Bekerja secara remote membuat pihak management sedikit kesulitan untuk memantau produktivitas karyawan. Dengan demikian, masalah kepercayaan antara atasan dan bawahan pun bisa timbul.

Remote Working Bagi Perusahaan


Meskipun remote working memberikan banyak keuntungan, namun metode tersebut tidak selalu efektif untuk dilakukan. Untuk menciptakan perusahaan menjadi yang terbaik, kolaborasi dan komunikasi penting dilakukan. Ini tentu saja akan sulit dicapai jika hampir seluruh karyawannya bekerja secara remote. Itu artinya, remote working bisa menghambat produktivitas.

Oleh karena itu, remote working tidak berlaku untuk beberapa jenis pekerjaan. Metode bekerja yang satu ini harus sesuai dengan jenis pekerjaan karena menyangkut kemampuan dan keterampilan yang berbeda-beda dari setiap karyawan.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote, yaitu copy editor, content writer, graphic designer, fotografer, developer situs atau aplikasi, digital marketing, dan masih banyak lagi. Selain pekerjaan di atas, remote working kemungkinan besar tidak bisa diterapkan.


Selain itu, perusahaan yang ingin menerapkan metode remote working harus memperhatikan beberapa hal. Perusahaan harus mengenali kualitas semua karyawannya. Kenali bagaimana cara mereka mengatur proyek, terutama cara berkomunikasi, manage waktu, dan mengelola pekerjaan yang sedang ditugaskan.

Hal lain yang harus diperhatikan, yaitu perusahaan harus mengadakan agenda virtual meeting secara berkala. Cara yang satu ini cukup efektif untuk berdiskusi dengan semua karyawan untuk mencapai target perusahaan. Sementara untuk meminimalisir potensi keamanan jaringan internet, karyawan bisa memanfaatkan akses VPN atau Virtual Private Network.

Dengan demikian, remote working bisa menjadi efektif untuk sebuah perusahaan jika jenis pekerjaannya memungkinkan untuk dikerjakan di luar kantor. Sebaliknya, jika metode remote working tidak sesuai dengan pekerjaan di perusahaan tersebut, ini bisa menimbulkan masalah.

Semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon