Tuesday, December 29, 2020

9 Faktor Penentu Penghasilan Google AdSense



ElectronicSolution.co.id - Seperti kita ketahui, Google Adsense merupakan ladang bagi para blogger untuk meraup penghasilan hanya dengan bermodalkan blog. Tidak sedikit orang yang beralih profesi menjadi full time blogger untuk menekuni Google adSense. Hal ini tentunya berkat besarnya potensi yang bisa didapatkan.

Berikut merupakan faktor-faktor penentu penghasilan blogger di Google AdSense.

9 Faktor yang Mempengaruhi Penghasilan Google Adsense

 

Baca juga: 7 Tips Blogging Untuk Blogger Pemula

 

1. Bahasa yang digunakan


Bahasa merupakan penentu tinggi rendahnya penghasilan blog kita. Untuk memperoleh CPC yang tinggi, bahasa yang digunakan lebih baik adalah bahasa inggris. Alasannya sederhana, yaitu target pengunjung, karena perhitungan komisi klik iklan akan menyesuaikan dengan asal pengunjung tersebut. Iklan yang dipasang oleh advertiser luar negeri akan memiliki CPC yang tinggi, menyesuaikan dengan mata uang mereka, sedangkan nita tukar di Indonesia terhadap dollar masih tinggi.

2. Jumlah pengunjung


Jumlah pengunjung tentu akan berbanding lurus dengan potensi klik yang akan terjadi. Pengunjung semakin banyak maka peluang klik akan semakin besar pula. Untuk itu optimasi blog perlu dilakukan supaya blog mampu menjaring pengunjung dari berbagai sumber (google, sosial media, dll)

3. Jenis Pengunjung


Pengunjung organik (berasal dari Google) perlu diprioritaskan karena sangat berpengaruh pada nilai CPC. Nilai klik yang dilakukan oleh pengunjung yang organik akan lebih besar daripada pengunjung yang berasal dari sumber lainnya.Untuk meningkatkan pengunjung organik kita perlu melakukan optimasi SEO onpage maupun off page.

4. Tema Blog


Konten blog juga berpengaruh pada nilai CPC google adsense. Google sendiri merahasiakan tema apa saja yang memiliki nilai CPC tertinggi, namun kita bisa melakukan riset dari berbagai referensi untuk menentukan tema blog yang kemungkinan memiliki CPC cukup tinggi.

Baca juga: Cara Membangun Blog Berkualitas Untuk Mendapatkan Uang

5. Bounce Rate


Bounce rate merupakan lamanya waktu pengunjung berada di blog kamu. Semakin lama pengunjung di blog, maka akan semakin kecil bounce out rate nya dan nilai CPC juga berangsur meningkat. Kita harus mendapatkan bounce rate sekecil mungkin, caranya adalah dengan membuat konten yang berkualitas, original dan bermanfaat.

7. Lokasi Penempatan Iklan


Penempatan iklan google adsense memiliki pengaruh, yaitu terhadap peluang terjadinya klik. Iklan harus kita tempatkan pada lokasi yang banyak mendapatkan perhatian dari pengunjung. Sehingga kemungkinan terjadinya klik akan besar.

8. Jumlah Iklan dalam satu halaman


Google adsense hanya mengijinkan maksimal 3 slot dalam satu halaman. Semakin banyak iklan yang dipasang, memang akan semakin besar peluang terjadinya klik namun CPC akan menjadi mengecil. Jadi bijaklah dalam memasang iklan pada blog, bila kamu memiliki pengunjung yang tinggi disarankan jangan terlalu banyak, cukup 2-3 slot saja.

Untuk jenis iklan sebaiknya yang memiliki gambar dan memiliki ukuran 300x..... karena ukuran tersebut adalah ukuran yang paling diminati para advertiser tentunya CPC yang diberikan juga akan lebih tinggi.

9. Keyword dan kualitas artikel


Untuk mendapatkan iklan yang memiliki CPC yang tinggi kita perlu membuat artikel yang lengkap, informatif, berkualitas namun ringan. Selain itu beri kata kunci yang cukup banyak pada artikel. Alasannya iklan google adsense akan beradaptasi dengan jumlah kata kunci yang ada pada isi artikel, semakin banyak dan beragam maka iklan dengan cpc tinggi pun akan memiliki peluang besar untuk muncul

Itulah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi penghasilan Google AdSense Anda. Jangan lupa klik share jika artikel ini dirasa bermanfaat.

Read More

Thursday, October 8, 2020

Cara Meningkatkan Brand Awareness



ElectronicSolution.co.id - Menjalankan bisnis online atau online tentu memerlukan strategi pemasaran agar produk yang Anda tawarkan bisa laris terjual dan keuntungan yang diperoleh memuaskan. Salah satu faktor penting dalam berbisnis yaitu membangun branding. Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai pengertian brand awareness dan cara meningkatkannya, mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian Brand Awareness

 


 

Brand awareness atau kesadaran merk merupakan kemampuan calon konsumen atau pembeli untuk mengenali atau mengingat suatu merk dari produk tertentu, seperti nama produk, desain logo, atau slogan dari para pelaku bisnis dalam mempromosikan produknya. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan tingkatan pengakuan konsumen terhadap suatu produk, baik barang atau jasa. Semakin banyak konsumen yang berhasil mengingat brand dari produk yang Anda jual, maka intensitas penjualan juga akan meningkat. Brand Awareness Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai definisi dari kesadaran merk atau brand awareness yaitu sebagai berikut ini.

1. Rossister dan Percy

Rossister dan Percy berpendapat bahwa kesadaran merk atau brand merupakan kemampuan konsumen untuk mengenali dan menyebut setiap merk yang ada di pasar tanpa mengelompokkannya secara detail saat akan melakukan proses pembelian produk barang atau jasa yang dimaksud.

2. Shimp

Menurut Shimp, definisi kesadaran merk yaitu kemampuan sebuah merk produk yang ada di pasaran untuk muncul di benak para konsumennya. Ketika konsumen menginginkan atau memikirkan kategori suatu produk tertentu seperti produk air mineral, maka nama brand suatu produk yang sudah dikenali akan muncul di benak konsumen.

3. Soehadi

Soehadi mengemukakan pendapatnya mengenai kesadaran merk yaitu suatu hal yang dapat membuat konsumen mengerti bagaimana kategori suatu produk barang atau jasa bersaing di pasaran. Keberhasilan dalam membangun brand menyesuaikan seberapa jauh konsumen mengenali nama brand suatu produk yang dirancang untuk kebutuhan para konsumen itu sendiri.

Cara Meningkatkan Brand Awareness


Setelah Anda mengetahui pengertian dan definisi dari kesadaran merk atau brand, berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk membangun dan meningkatkannya.

1. Partnering

Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merk yaitu dengan bekerja sama dengan brand lain atau yang biasa disebut dengan partnering. Tujuan dari partnering ini untuk membantu memperkenalkan bisnis Anda kepada calon konsumen atau pelanggan dan saling bertukar pelanggan dengan partner yang bekerja sama dengan bisnis Anda dari segmen pasar yang berbeda.

2. Referral Programs

Cara kerja dari referral programs ini sama halnya dengan promosi melalui mulut ke mulut. Anda bisa mengenalkan bisnis Anda ke orang-orang terdekat seperti saudara atau kerabat, teman, atau tetangga. Dengan begitu, produk barang atau jasa dari bisnis yang Anda geluti bisa dikenal secara lebih luas.

Namun sebenarnya, pengertian dari referral programs dengan promosi secara konvensional cukup berbeda. Jika pada promosi konvensional tidak melibatkan insentif, maka pada referral programs memerlukan insentif yang diberikan kepada pihak yang membantu mempromosikan dan berhasil mengajak orang lain untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

3. Review Pelanggan

Menurut survei online, hampir sebagian besar calon pembeli memutuskan membeli suatu produk karena dipengaruhi oleh testimoni atau review pelanggan lainnya. Pembeli cenderung lebih mempercayai suatu toko yang sudah terpercaya melalui ulasan yang diberikan pembeli lainnya.

Bagi Anda yang sudah memiliki website bisnis online sendiri, Anda bisa meningkatkan kesadaran merk dengan menawarkan loyalty program atau keuntungan member. Pelanggan akan mendapatkan poin apabila memberikan review produk yang mereka beli. Tanpa terkesan memaksa, pembeli akan dengan sukarela memberikan ulasan terhadap produk yang Anda jual.

4. Sponsor

Cara yang paling umum dilakukan oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan popularitas suatu brand atau merk yaitu dengan sponsorship. Anda bisa memberikan sponsor ke sebuah event atau acara untuk mengenalkan dan mempromosikan bisnis. Meski terbilang efektif, cara ini sering kali tidak diterapkan karena biaya yang harus dikeluarkan cukup besar.


5. Influencer Marketing

Salah satu strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merk sejak munculnya media sosial Instagram yaitu influencer marketing. Anda bisa bekerja sama dengan para influencer atau selebgram untuk mempromosikan produk barang atau jasa dari bisnis Anda. Agar feedback atau umpan balik yang diterima sesuai dengan harapan, Anda harus selektif dalam memilih influencer.

6. Kontes di Media Sosial

Hampir sama dengan influencer marketing, menyelenggarakan kontes di media sosial ini juga dinilai efektif untuk meningkatkan mention, reach, dan engagement dalam waktu yang relatif singkat. Sebagai pemilik bisnis, Anda juga perlu merancang desain strategi lanjutan seperti memberi kupon diskon, promo menarik, atau bonus untuk para peserta yang berpartisipasi dalam kontes yang Anda buat.

Hal ini perlu Anda lakukan karena peserta kontes merupakan calon pelanggan yang potensial. Mereka memiliki kemungkinan yang besar untuk tertarik dengan produk yang Anda jual.

7. Podcast

Meski masih terbilang baru di Indonesia, podcast cukup efektif untuk meningkatkan brand produk. Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan misalnya konten berbentuk audio yang memberikan kesan ramah dan dekat kepada calon pelanggan.

Meningkatkan kesadaran merk suatu produk bukan hanya sekadar memasang baliho atau spanduk besar di tempat-tempat strategis saja. Dengan membangun dan meningkatkan brand awareness, penjualan produk akan meningkat dan memudahkan konsumen untuk mengenali, serta mengingat produk dari bisnis yang Anda jalankan.
Read More

Tuesday, August 4, 2020

Cara Membangun Blog Berkualitas Untuk Mendapatkan Uang



ElectronicSolution.co.id - Menghasilkan uang dari internet dapat dilakukan dengan cara apa saja, salah satunya dari blog. Kegunaan blog bukan hanya menjadi tempat menulis artikel, melainkan tempat Anda menghasilkan uang. Cara mendapatkan uang dari blog sendiri dapat melalui berbagai jalan, misalnya saja seperti lewat platform pay per click Google Adsense atau via endorsement dari penjual.

Nah, sebelum bisa menghasilkan uang, Anda harus membuat blog tersebut dengan kualitas tinggi. Blog yang berkualitas akan dipercaya oleh pelanggan maupun pihak endorsement sehingga semakin menambah besar peluang dalam meraup pundi-pundi dolar.

Cara Membangun Blog Berkualitas


Untuk bisa mendapatkan uang dari blog perlu adanya peningkatan kualitas dalam mengelola blog tesebut. Apabila blog Anda sudah berkualitas, maka baru Anda membicarakan terkait rupiah.

Dalam hal ini, Anda tidak bisa menghasilkan cuan dari blog yang berkualitas rendah, oleh sebab itulah diperlukan adanya optimasi yang maksimal. Lalu, bagaimana cara membuat blog berkualitas tinggi, mari simak cara-caranya di bawah ini.

1. Buat Blog Platform Terbaik

Membuat blog berkualitas tentunya berasal dari platform terbaik dan berkualitas juga. Untuk platformnya sendiri banyak yang bisa Anda pilih, mulai dari Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, hingga WordPress.

Setiap platform punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda harus menentukan dulu kebutuhan Anda sendiri dari platform tersebut. Apabila memerlukan platform dengan tingkat pengguna pemula maka Anda bisa memilih blogspot ataupun WordPress.

Adapun jika Anda masih bingung dalam menentukan platform, desain, ataupun layout yang tepat maka Anda bisa melakukan konsultasi kepada tim Bikin.Website sebagai salah satu perusahaan jasa pembuatan website terpercaya di Indonesia.

2. Buat Konten Blog Bermanfaat dan Menarik


Setelah Anda membuat blog, kini saatnya Anda memikirkan untuk membuat konten yang bermanfaat dan menarik di mata pembaca. Konten yang bermanfaat dapat diartikan bisa membuat pembaca menemukan solusi melalui artikel yang Anda tulis. Misalnya seperti membagikan informasi voucher belanja atau tips mengelola keuangan dari pendapatan yang pas-pasan.

Ketika pembaca mencari sebuah kata kunci di Google, artinya mereka sedang mengharapkan bisa mendapat solusi untuk menyelesaikan permasalahan mereka.

Sementara itu, untuk membuat konten blog yang menarik bisa dilakukan dengan mengambil sudut pandang yang unik. Upayakan dalam mengambil sudut pandang yang belum dibahas oleh website lain.

Selanjutnya buatlah judul yang kreatif, karena judul menjadi daya tarik utama bagi para pembaca. Untuk meyakinkan pembaca secara lebih mendalam, Anda bisa menerapkan visual gambar pada artikel yang telah dibuat.

3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda

Salah satu sumber pengunjung blog terbesar Anda ialah pencarian organik dari Google. Oleh karena itu, Anda harus punya kualitas SEO yang baik agar algoritma Google bisa membaca isi artikel Anda untuk naik peringkat.

Optimasi SEO dapat dilakukan dengan memaksimalkan artikel untuk bisa muncul pada halaman pertama mesin pencari Google. Pasalnya, website yang muncul pada halaman pertama cenderung lebih banyak di klik oleh pengunjung.

4. Promosikan Blog di Media Sosial

Selain mencari pembaca secara organik melalui optimasi SEO, Anda bisa memanfaatkan sosial media dengan jangkauan yang lebih luas. Ada berbagai sosial media yang dapat Anda gunakan, mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, Kaskus, dan lain sebagainya. Media sosial yang paling potensial mempromosikan blog Anda ialah media sosial dengan pengikut terbanyak pada akun Anda.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki produk atau jasa dengan target audiens yang berasal dari generasi milenial maka sangat disarankan untuk melakukan promosi via twitter dan Instagram.

Sementara jika target Anda adalah kalangan orang tua, maka akan lebih mudah menjangkaunya menggunakan facebook.

5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog kepercayaan

Untuk mendapat kepercayaan dari pembaca, maka Anda harus konsisten dalam membuat konten. Menjaga kepercayaan pembaca bisa dikatakan sulit, akan tetapi Anda harus melakukannya. Untuk menilai pembaca percaya terhadap blog Anda bisa dengan meminta saran, kritik, dan feedback yang membangun.

Seiring perkembangan teknologi, blog sendiri saat ini tidak lagi bersifat satu arah tapi memiliki konsep timbal balik yang bisa menimbulkan interaksi. Nah, manfaatkan kombinasi antara kepakaran dan kepercayaan dari pengguna untuk menjual produk ataupun jasa sehingga Anda mendapatkan komisi.

Penutup


Demikianlah tahapan cara membangun blog berkualitas untuk mendapatkan pundi-pundi uang yang bisa Anda praktekkan. Setelah lima tahap di atas sudah Anda lakukan, selanjutnya Anda bisa mulai melakukan monetisasi. Sumber penghasilan utama blog adalah Google Adsense dan penghasilan lainnya dapat berupa endorsement, berjualan, afiliasi, dan lainnya.

Semoga bermanfaat


Read More

Monday, July 27, 2020

Daftar Situs Untuk Membuat Website gratis


ElectronicSolution.co.id - Aktivitas blogging saat ini tidak hanya populer di kalangan pelajar dan mahasiswa. Namun, juga sudah banyak ditekuni oleh para professional serta ibu rumah tangga. Kalian tidak percaya? Coba saja tengok komunitas Emak-emak blogger serta komunitas Blogger Reporter Indonesia (BRID) yang menjadi rumah bagi banyak blogger perofesional di bidangnya.


Terlepas dari itu, sebenarnya bagaimana sih sejarah blog dan perkembangannya di Indonesia? Lantas, apakah ada platform yang tepat untuk mulai menekuni aktivitas di dunia blog?

Baca juga:  Perbedaan Website Gratis dan Website Berbayar

Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini sudah kami rangkum daftar situs yang bisa Anda gunakan untuk membuat website gratis dalam rangka mengakomodir kebutuhan belajar.

Daftar Situs Untuk Membuat Website Gratis

1. Weebly

Weebly adalah salah satu layanan yang menawarkan kemudahan bagi para blogger pemula untuk membuat website gratisan. Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti drag and drop untuk mengatur layout dalam satu dua kali klik, kemudian setelah itu tinggal klik save tanpa perlu melakukan coding.

2. Wix

Hampir sama seperti Weebly, Wix juga masuk dalam kategori website yang memberikan layanan pembuatan website gratis. Ada ratusan template siap pakai yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik landing page website penjualan. Namun, jika Anda ingin menggunakan fitur premium maka Anda harus merogoh kocek yang cukup lumayan.

3. WordPress.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan CMS (Content Management System) yang satu ini. WordPress.com merupakan versi gratis dari WordPress engine, dimana untuk kebutuhan website berbayar atau self hosting. Sementara untuk website berbayar menggunakan sistem dari WordPress.org.

Ada banyak keuggulan WordPress yang bisa Anda dapatkan. Bahkan, sebagian blogger menganggap jika blog WordPress lebih menarik di mata Robot Google, sehingga lebih mudah untuk masuk halaman pertama.

Anda bisa membaca lebih jelas tentang keunggulan WordPress di artikel berikut ini:

4. Tumblr.com

Tumblr.com adalah salah satu platform blogging yang sempat happening. Para pengguna Tumblr biasanya menggunakan platform ini sebagai tempat untuk curhat atau berbagi cerita soal kehidupan.

Meski begitu, situs ini sampai sekarang masih cukup recommended untuk dijadikan sebagai sarana belajar membuat website gratis dari nol.

Nah, kira-kira itulah daftar situs populer untuk membuat website gratis yang bisa Anda jadikan sebagai media belajar. Sekian dari kami, semoga artikel di atas bisa bermanfaat.

Sampai jumpa



Read More