Monday, July 6, 2020

Apa Itu ICMP? Inilah Pengertian dan Fungsinya



ElectronicSolution.co.id - Jaringan internet memiliki beberapa macam protokol yang memiliki fungsi masing-masing. Selain TCP/IP dan UDP, masih banyak protokol yang kerap digunakan termasuk ICMP. Protokol ICMP adalah bagian inti yang memiliki fungsi penting untuk kelancaran arus dalam jaringan.


Apa Itu ICMP?


Dalam Model OSI 7 Layer, terdapat salah satu layer yang bertugas mendefinisikan Internet Protocol (IP) yakni network layer. Saat proses transmisi data tidak menghadapi gangguan, maka protokol IP tersebut akan bekerja normal. Namun saat terdeteksi adanya gangguan, maka langsung ditangani oleh Internet Control Message Protocol (ICMP).

ICMP adalah protokol dalam jaringan komputer yang ditugasi untuk mengirim pesan error atau kondisi urgent lain yang membutuhkan penanganan segera. Pesan akan dikirim apabila error terjadi pada lapisan network atau lapisan atasnya seperti trasnport layer (TCP). Umumnya, faktor penyebab terjadinya error adalah kabel terputus, router terganggu, atau host client tidak dapat dihubungi.

Port ICMP


Mekanisme yang memungkinkan terjadinya sesi koneksi antar perangkat disebut dengan port. Proses tersebut terwujud karena port mampu mengidentifikasi jenis layanan yang sesuai dengan klien. Sekaligus cara agar klien dapat menggunakan layanan yang diberikan tersebut. Port jaringan terdiri dari angka yang dinamakan port number.

Beberapa protokol jaringan memang membutuhkan port namun khusus ICMP tidak. Alasannya, protokol ICMP hanya bekerja antar lapisan dalam jaringan, bukan antar perangkat. Paket yang ditransimisikan memiliki tipe dan kode, yakni:


Fungsi ICMP


1. Mengirim Pesan dan Mengatasi Error pada Jaringan Komputer

Sebagai protokol jaringan, fungsi utama ICMP adalah memenuhi kebutuhan komunikasi antar perangkat dalam satu jaringan komputer. Lebih spesifiknya untuk melaporkan adanya kesalahan jaringan. Nantinya, ICMP berhak untuk menentukan tindakan agar masalah tersebut teratasi. Pesan yang dikirim oleh protokol ICMP yaitu:

a. ICMP Error Message merupakan tipe pesan yang dikirimkan apabila kesalahan terjadi pada jaringan komputer;

b. ICMP Query Message berisi informasi mengenai kondisi jaringan yang dikirimkan oleh pengirim paket.

ICMP Error Message dapat dipecah menjadi 5 kategori, sebagai berikut:

1) Destination Unreachable

Penyebab utamanya adalah jalur fisik dan logic yang terputus sehingga tidak bisa mencapai host tujuan. Kategori pesan ini memiliki lima jenis antara lain ‘network unreachable’, ‘host unreachable’, ‘protocol at destination is unreachable’, ‘destination host is unknown’, dan ‘destination network is unknown’.

2) Time Exceeded

Secara sederhana, pesan ini akan muncul apabila kehabisan waktu. Kondisi yang memicunya yaitu saat field Time To Live (TTL) sudah mencapai waktu yang ditargetkan padahal paket belum berhasil diteruskan. Sama halnya ketika Anda mengakses laman website namun akhirnya gagal dimuat dan muncul notifikasi ‘Request Timed Out’.

Cara kerja TTL yaitu dengan mengurangi satu nilai setiap kali paket melewati sebuah router. Berkat adanya TTL, paket IP tidak lantas berputar-putar menghabiskan sumber daya saat mengalami error.

3) Parameter Problem

Pesan ini berkaitan dengan kesalahan pada header tiap paket yang akan dikirimkan.

4) Source Quench

Protokol ICMP akan mengirimkan source quench apabila network tujuan sedang kelebihan beban sehingga mempengaruhi performanya. Oleh sebab itu, transmisi data harus diperlambat untuk menyesuaikan dengan kapasitas router tujuan.

5) Redirect

Kategori pesan ini muncul apabila transmisi data melalui rute yang salah. Sehingga akan dialihkan ke rute yang seharusnya.

Selanjutnya, kategori dalam ICMP Query Message terdiri dari:

1) ‘Timestamp dan Timestamp Reply’ berisi informasi mengenai estimasi waktu agar host tujuan dapat memproses paket data;

2) ‘Echo dan Echo Reply’ akan muncul untuk memastikan sistem tujuan masih aktif dengan menggunakan program ping. Nantinya, responden harus menjawab dengan data yang sama persis;

3) ‘Address Mask’ memuat jumlah netmask yang dibutuhkan oleh host dalam jaringan komputer.

2. Mengendalikan Pengaturan Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer, fungsi kontrol merupakan tanggungjawab protokol ICMP. Tujuannya adalah agar proses yang terjadi dalam jaringan komputer sudah sesuai dengan prosedur dan melalui jalur yang semestinya. Dengan begitu, kesalahan dapat dihindari.

3. Mengendalikan Arus yang Melewati Layer


Protokol ICMP berada pada layer network yang merupakan bagian dari 7 layer OSI. Paket data yang ditransmisikan harus secara bergantian melalui tiap layer sehingga harus ada yang mengendalikan arus. Itulah tugas yang juga diembankan paa ICMP.

Secara umum, tugas utama ICMP adalah mengeluarkan pesan untuk menerjemahkan kesalahan yang terjadi pada IP. Protokol ini tidak digunakan oleh aplikasi jaringan secara langsung kecuali aplikasi ping. Guna mengirim echo request dan menerima pesan echo reply.



Read More

Friday, June 26, 2020

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Optimasi Artikel

ElectronicSolution.co.id - Mendongkrak trafik bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari optimasi SEO, memperbanyak artikel, hingga teknik mempromosikan blog. Banyak para blogger yang mengandalkan optimasi SEO untuk mendongkrak trafik dan melupakan tentang kualitas konten itu sendiri. Maka dari itu lebih baik fokus dalam menulis artikel yang berkualitas daripada harus bergelut dengan algoritma Google yang kian hari semakin liar.

Berikut ini adalah 7 cara meningkatkan trafik blog dengan optimasi kualitas artikel yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan.


1. Memasukkan Keyword ke Judul Artikel

Menyematkan sebuah keyword yang tertarget pada judul postingan akan meningkatkan peluang artikel tersebut terindex dengan cepat dan berada di posisi teratas. Namun, perlu diperhatikan bahwa relevansi dan manfaat artikel harus diprioritaskan daripada keyword yang diincar. Jangan memaksakan menyematkan keyword bila akhirnya judul menjadi tidak relevan, ingat prinsip untuk selalu mengutamakan pengalaman pengguna / manusia.

2. Optimasi Internal Link

Saat kamu membuat postingan baru cobalah untuk membuat internal link yang merujuk ke postingan lama yang memang relevan, berbeda dengan fitur artikel terkait yang biasanya dipasang di akhir postingan. Internal link tidak hanya membantu dalam optimasi tapi juga memberi pengalaman membaca bagi pengunjung blog, tapi hal ini dengan catatan selama kamu menghubungkan ke konten internal yang relevan

3. Konten Padat dan Jelas

Saat membuat postingan, jangan membuat postingan yang terlalu bertele tele panjang lebar, tapi juga jangan terlalu singkat. Buat artikel yang sesuai dengan proporsinya, supaya Google dapat dengan mudah merayapi artikel blog dan tidak membuat pembaca menjadi jenuh. Ada beberapa pakar SEO yang mengharuskan untuk menerbitkan minimal 1,000 kata seiap postingan. Tapi kadang isinya justru membuat bingung pembaca.

4. Membatasi Jumlah Link di Artikel

Jangan terlalu banyak menebar link, karena akan membuat pembaca kebingungan untuk mengetahui mana link yang paling penting. Selain itu Google juga akan menghukum blog yang terlalu banyak menebar link. Kamu bisa menaruh link dengan jarak 150kata antar linknya, dengan begitu kamu akan aman.

5. Gunakan Gambar Otentik

Teknik satu ini terkadang dilupakan oleh para content writer atau penulis artikel. Sebelum upload, cobalah untuk memberi nama file foto dengan nama yang relevan dan usahakan masukkan keyword ke dalamnya. Kemudian setelah diupload, pastikan kamu juga menambahkan properti Alt-Tag dan deskripsi pada gambar. Ingat, gunakan keyword yang wajar.

6. Keyword Linking

Google sangat tidak menyarankan taktik menghubungkan keyword yang sama atau frase kata kunci ke beberapa URL. Begitu pula, menghindari menghubungkan variasi frase keyword yang sama ke URL yang sama. Jadi, Usahakan untuk menghindari hal ini, bila kamu semakin konsisten dan bisa menghubungkan link maka semakin baik untuk visitors dan lalu lintas pencarian.

7. Membuat Konten Asli dan Unik

Semua tulisan dalam blog yang diterbitkan harus asli sesuai dengan pemikiran, walaupun idenya sama. Hal ini supaya tidak mendapat predikat spammer, plagiat, dsb. Jikapun kamu merujuk sebuah sumber, kamu harus mengolah informasinya dengan pemikiranmu sendiri sehingga konten yang kamu tulis tidak sama persis dengan sumbernya, dan jangan lupa untuk menyertakan sumbernya.

Itulah beberapa cara ampuh untuk meningkatkan dan mempertahankan trafik, meskipun tidak berpengaruh dalam waktu singkat. Kesabaran dan konsistensi membuat artikel berkualitas pasti akan berbuah manis.

Semoga bermanfaat.


Read More

Thursday, June 11, 2020

Keuntungan Memiliki Website Bagi Perusahaan



ElectronicSolution.co.id - Website sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang baru. Berdasarkan catatan sejarah, website pertama kali hadir seiring dengan ditemukannya teknologi internet pada periode tahun 1990-an yang dikembangkan sebagai salah satu jaringan komunikasi oleh ilmuwan dan anggota militer Amerika Serikat.

Seiring perkembangan jaman, website juga semakin banyak dikenal, banyak perusahaan tradisional yang mulai memanfaatkan website sebagai salah satu media pemasaran yang menjembatani antara konsumen dengan bisnis perusahaan.

Saking populernya keberadaan website, bahkan saat ini bisa dibilang aneh jika ada perusahaan multi-nasional yang tidak memiliki website company profile atau blog untuk aktivitas pemasaran. Nah, untuk mengenal lebih lengkap mengenal keuntungan memiliki website bagi perusahaan, berikut sudah kami rangkum beberapa alasan mengapa bisnis Anda seharusnya mulai membangun asset digital salah satunya berupa website, mulai dari sekarang.

1. Memperkenalkan Profil Perusahaan

Popularitas suatu perusahaan adalah salah satu elemen yang bisa mendatangkan keuntungan besar. Bagaimana tidak? Seiring dengan semakin populernya profil perusahaan Anda maka akan semakin banyak calon konsumen potensial yang tertarik untuk membeli produk. Tidak hanya itu saja, Anda juga memiliki kesempatan besar untuk masuk radar para investor besar yang bisa diprospek untuk menenamkan modal.

2. Menjalin Relasi dengan Konsumen

Jika di awal tahun 2000-an kita masih dihadapkan dengan surat fisik dan telepon untuk melakukan komplain barang atau mengajukan pertanyaan. Maka, kini dua aktivitas tersebut bisa dipermudah dengan adanya halaman kontak pelanggan yang ditampilkan di dalam website.

Fitur halaman kontak ini sebenarnya sangat sederhana, namun fungsinya sangat besar untuk menampung kritik pelanggan yang kurang puas, saran atau masukan, hingga potensi penjualan dalam partai besar.

3. Branding

Tahukah Anda jika ada perusahaan yang rela membayar puluhan Miliyar hanya untuk membangun branding perusahaan. Ya, braning memang sangat penting dan krusial bagi perusahaan. Ingat meme jualan kaos berlogo Supreme yang dihargai hingga jutaan rupiah perpcs? Padahal jika dilihat secara logis, fungsi kaos dimana-mana juga sama saja.

Itulah kekatan branding, yakni memaksa orang dengan suka rela membayar biaya lebih mahal dibandingkan harga sesungguhnya.

4. Memberikan Kesan Profesional

Di era digital seperti sekarang konsumen maupun calon karyawan biasanya mencari informasi perusahaan melalui mesin pencari Google. Mereka akan membaca profil dan estimoni dari banyak sumber, termasuk website kompettor jika Anda sendiri tidak memiliki website sebagai landing page informasi yang mereka butuhkan.

Maka dari itu, buatlah website semenarik mungkin. Gunakan pilihan ekstensi domain populer seperti .COM atau .ID yang menjadi simbol identitas pengguna internet asal Indonesia. Selain itu, jika Anda memiliki Surat Ijin SIUP dan NPWP, Anda bisa beli domain .CO.ID yang jauh lebih kredibel karena hanya bisa didaftarkan oleh merek atau perusahaan legal di Indonesia.

5. Memperkenalkan Produk

Memperkenalkan prouk menjadi salah satu tantangan, bahkan jika Anda sudah berhasil menciptakan produk yang banyak dicari konsumen. Nah, Agar produk perusahaan Anda muah ditemukan, gunakanlah website untuk menjaring calon pelanggan secara organik, dengan begitu mereka tetap bakal bisa menemukan prouk Anda meski sebelumnya tidak mengetahui tentang profil perusahaan maupun harga jual.

Itulah 5 keuntungan website bagi perusahaan. Semoga informasi di atas bisa membantu bisnis Anda semakin berkembang di tengah ketatnya persaingan digital. Jangan lupa juga, untuk selalu mengupdate konten artikel maupun informasi produk karena aktivitas tersebut bisa membantu meningkatkan kunjungan organik ke website Anda.

Terima kasih
Read More

Wednesday, June 10, 2020

Apa Itu Afiliasi? Inilah Tips Monetize Blog Dengan Afiliasi



ElectronicSolution.co.id - Dewasa ini, semakin banyak kita temui metode-metode baru untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya yakni melalui media internet atau sering disebut sebagai bisnis online.

Bisnis online sendiri ada beragam kategori yang bisa dipilih berdasarkan minat serta karakter masing-masing pibadi. Misalnya, jika Anda senang menulis maka bisnis online yang cocok adalah menjadi blogger atau copywriter, sementara jika Anda senang berdagang maka skill yang Anda miliki bakal sangat bermanfaat ketika diterapkan dalam aktivitas jual-beli online, baik melalui sistem reseller, dropship, ataupun jualan produk sendiri.

Bicara soal macam-macam aktivitas jual-beli online, masih ada satu lini bisnis lagi yang cukup menarik untuk diketahui yakni bisnis afiliasi. Apa itu bisnis Afiliasi? Mari kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Afiliasi?

Secara umum afiliasi adalah suatu sistem bisnis dimana kita akan mendapatkan komisi ketika berhasil mereferensikan produk kepada orang lain. Cara kerja ini hampir mirip dengan perantara atau calo, karena seorang pemain afiliasi atau biasa juga disebut sebagai Afiliate tidak harus memiliki inventory produk untuk bisa melakukan aktivitas jual-beli.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Afiliasi?

Cara mendapatkan uang dari Afiliasi sangat simpel dan sederhana, yakni Anda tinggal mempromosikan link URL yang sudah ditentukan oleh pihak vendor kepada sebanyak-banyaknya calon pembeli. Untuk bisa meraih penjualan, Anda bisa memanfaatkan sosial media, website, jaringan pertemanan pribadi, hingga membagikannya lewat forum-forum terkait.

Mendapatkan uang dengan metode Afiliasi akan jauh lebih mudah jika Anda sudah memiliki channel pemasaran dengan audiens tinggi. Adapun jika Anda baru mulai terjun ke bisnis Afiliasi dan belum memiliki asset yang memadai, maka hal pertama yang perlu disiapkan adalah menentukan platform afiliasi yang tepat, baru kemudian mulai mengoptimalkan campaign yang ingin dijalankan.

Tips Mengoptimalkan Sistem Afiliasi Pada Website


1. Tentukan Nice Bisnis Yang Ingin Dioptimasi

Tidak bisa dipungkiri lagi, ada banyak jenis produk dan kategori yang bisa dilipih dalam bisnis afiliasi. Nah, agar Anda bisa semakin fokus untuk menaikkan penjualan lebih baik Anda menentukan nice khusus dimana Anda bisa meraih pengunjung loyal serta menarget calon konsumen yang benar-benar membutuhkan.

2. Manfaatkan Semua Media yang Ada

Seorang Afiliater sukses dengan penghasilan puluhan juta perbulan umumnya tidak hanya bergantung pada satu media. Jadi, Anda harus pintar dalam mengelola serta memaksimalkan campaign baik melalui website, sosial media, bahkan hingga jaringan keluarga.

3. Gunakan SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization merupakan metode yang sangat powerfull untuk mendatangkan pengunjung potensial secara organik. Cara ini juga sangat fair karena siapa saja bisa masuk kapan saja dan dimana saja, Asalkan menaati kaidah SEO yang diterapkan oleh algoritma mesin pencari.

Lakukanlah riset keyword menggunakan tools SEO seperti Ahrefs, Ubersuggest, atau SEMrush agar lebih akurat. Tentukan kata kunci menarik yang meliputi target untuk konsumen, atau hanya melakukan edukasi untuk menambah asset di masa yang akan datang. Jika Anda memiliki website, perhatikan juga skema heading, dan struktur yang digunakan dan jangan lupa untuk menerbitkan artikel secara berkala agar ada interaksi dari calon pelanggan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu afiliasi dan tips cara mengoptimalkan pendapatan ari program yang satu ini. Bagaimana menurut Anda apakah tertarik untuk mencoba menekuni bisnis online afiliasi? Atau justru masih ingin fokus untuk mengembangkan channel promosi?

Semoga bermanfaat.


Read More