Monday, June 8, 2020

4 Fitur yang Perlu Dicermati Ketika Memilih Web Hosting



ElectronicSolution.co.id - Ada banyak penyedia layanan web hosting yang bisa Anda pilih. Ada yang menawarkan paket lengkap dengan harga yang cukup tinggi, ada juga yang menawarkan harga promo. Selain itu, tidak sedikit pula yang menawarkan harga terjangkau dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan website Anda dan juga kondisi kantong pribadi.

Untuk bisa ditelusuri, website memerlukan hosting. Memilih hosting tidak terlepas dari fitur-fitur yang dimilikinya. Ada banyak sekali fitur yang ada di web hosting. Mulai dari fitur keamanan, fitur kecepatan, hingga fitur untuk mengatasi spam, berikut ini merupakan beberpa contoh fitur web hosting yang perlu diketahui.

Fitur Pada Web Hosting


Secara umum, beberapa fitur-fitur yang ada di web hosting adalah sebagai berikut :

1. Kecepatan

Website yang memuat secara cepat mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjungnya. Anda pun tentu tidak suka jika harus menunggu terlalu lama ketika membuka sebuah website bukan?. Jadi jika Anda ingin pengunjung website yang lebih banyak, Anda perlu memperhatikan kecepatan yang disediakan oleh hosting yang Anda pilih.

Faktor kecepatan juga menjadi salah satu kriteria penilaian dalam SEO Google. Semakin cepat sebuah website dalam memuat halamannya, semakin mungkin website tersebut tampil di halaman pertama mesin pencarian Google.

Sebagus apapun konten website yang Anda miliki, jika kemampuannya memuat halaman sangat lambat, akan mendapatkan skor rendah dari Google. Hal ini berarti akan mengurangi kemungkinan website Anda untuk tampil di halaman pertama.

2. Bandwidth

Apa itu bandwidth? Bandwidth adalah jumlah data yang dikirimkan dari situs website ke pengunjung dalam periode tertentu. Biasanya periode waktu yang digunakan adalah bulanan. Besaran bandwidth yang dibutuhkan oleh tiap-tiap website berbeda tergantung dari jumlah pengunjung website tersebut.

Semakin banyak pengunjung sebuah website, ukuran bandwidth yang dibutuhkan juga lebih besar. Jika website Anda memiliki beberapa ratus pengunjung, Anda bisa menggunakan paket Hosting Indonesia dengan spesifikasi rendah. Namun, jika situs website Anda lebih besar dan memiliki lebih banyak pengunjung, Anda bisa menambah ukuran bandwidth dengan menggunakan paket Hosting Bisnis agar lalu lintas website semakin lancar.

3. Penyimpanan

Fitur penyimpanan ini berkaitan dengan kapasitas harddisk. Fitur penyimpanan dalam hosting ini berguna untuk meletakkan file-file yang ada di website, seperti gambar, video, dan sejenisnya. Semakin banyak file yang akan ditampilkan di website, semakin besar pula kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan.

Ruang penyimpanan ini berkaitan erat dengan tujuan penggunaan website. Jika Anda menggunakan website untuk kepentingan pribadi, misalnya untuk blogging, Anda tentu tidak memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar. Tapi, jika Anda menggunakan website untuk kepentingan lainnya yang lebih besar, misalnya untuk e-commerce, Anda tentu membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Selain berkaitan dengan tujuan penggunaan website, ruang penyimpanan ini juga berkaitan dengan ukuran file. Jika website Anda banyak menampilkan video-video, ruang penyimpanan yang dibutuhkan akan lebih besar dibandingkan website yang hanya menampilkan gambar atau teks saja.

4. Skalabilitas

Apa itu skalabilitas? Skalabilitas bisa diartikan sebagai kemampuan untuk meng-upgrade sebuah layanan web hosting. Penyedia web hosting yang Anda pilih sebaiknya memiliki kemampuan ini sehingga memudahkan Anda untuk berpindah dari satu jenis web hosting ke jenis lainnya. Saat ini, teknologi web hosting yang paling canggih dan efektif dalam hal skalabilitas adalah hosting yang sudah menggunakan teknologi berbasis cloud, atau biasa disebut sebagai cloud hosting.

Demikian fitur-fitur web hosting yang perlu Anda ketahui. Semua penyedia jasa web hosting biasanya memiliki keempat fitur ini, hanya berbeda pada ukuran serta syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain keempat fitur tersebut, masih banyak fitur-fitur lainnya yang ada di web hosting. Namun, tidak semua fitur hosting ini Anda butuhkan, untuk itu Anda sebaiknya hanya memilih fitur-fitur yang sesuai dengan penggunaan website Anda.

Semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon