Wednesday, June 10, 2020

Apa Itu Afiliasi? Inilah Tips Monetize Blog Dengan Afiliasi



ElectronicSolution.co.id - Dewasa ini, semakin banyak kita temui metode-metode baru untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya yakni melalui media internet atau sering disebut sebagai bisnis online.

Bisnis online sendiri ada beragam kategori yang bisa dipilih berdasarkan minat serta karakter masing-masing pibadi. Misalnya, jika Anda senang menulis maka bisnis online yang cocok adalah menjadi blogger atau copywriter, sementara jika Anda senang berdagang maka skill yang Anda miliki bakal sangat bermanfaat ketika diterapkan dalam aktivitas jual-beli online, baik melalui sistem reseller, dropship, ataupun jualan produk sendiri.

Bicara soal macam-macam aktivitas jual-beli online, masih ada satu lini bisnis lagi yang cukup menarik untuk diketahui yakni bisnis afiliasi. Apa itu bisnis Afiliasi? Mari kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Afiliasi?

Secara umum afiliasi adalah suatu sistem bisnis dimana kita akan mendapatkan komisi ketika berhasil mereferensikan produk kepada orang lain. Cara kerja ini hampir mirip dengan perantara atau calo, karena seorang pemain afiliasi atau biasa juga disebut sebagai Afiliate tidak harus memiliki inventory produk untuk bisa melakukan aktivitas jual-beli.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Afiliasi?

Cara mendapatkan uang dari Afiliasi sangat simpel dan sederhana, yakni Anda tinggal mempromosikan link URL yang sudah ditentukan oleh pihak vendor kepada sebanyak-banyaknya calon pembeli. Untuk bisa meraih penjualan, Anda bisa memanfaatkan sosial media, website, jaringan pertemanan pribadi, hingga membagikannya lewat forum-forum terkait.

Mendapatkan uang dengan metode Afiliasi akan jauh lebih mudah jika Anda sudah memiliki channel pemasaran dengan audiens tinggi. Adapun jika Anda baru mulai terjun ke bisnis Afiliasi dan belum memiliki asset yang memadai, maka hal pertama yang perlu disiapkan adalah menentukan platform afiliasi yang tepat, baru kemudian mulai mengoptimalkan campaign yang ingin dijalankan.

Tips Mengoptimalkan Sistem Afiliasi Pada Website


1. Tentukan Nice Bisnis Yang Ingin Dioptimasi

Tidak bisa dipungkiri lagi, ada banyak jenis produk dan kategori yang bisa dilipih dalam bisnis afiliasi. Nah, agar Anda bisa semakin fokus untuk menaikkan penjualan lebih baik Anda menentukan nice khusus dimana Anda bisa meraih pengunjung loyal serta menarget calon konsumen yang benar-benar membutuhkan.

2. Manfaatkan Semua Media yang Ada

Seorang Afiliater sukses dengan penghasilan puluhan juta perbulan umumnya tidak hanya bergantung pada satu media. Jadi, Anda harus pintar dalam mengelola serta memaksimalkan campaign baik melalui website, sosial media, bahkan hingga jaringan keluarga.

3. Gunakan SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization merupakan metode yang sangat powerfull untuk mendatangkan pengunjung potensial secara organik. Cara ini juga sangat fair karena siapa saja bisa masuk kapan saja dan dimana saja, Asalkan menaati kaidah SEO yang diterapkan oleh algoritma mesin pencari.

Lakukanlah riset keyword menggunakan tools SEO seperti Ahrefs, Ubersuggest, atau SEMrush agar lebih akurat. Tentukan kata kunci menarik yang meliputi target untuk konsumen, atau hanya melakukan edukasi untuk menambah asset di masa yang akan datang. Jika Anda memiliki website, perhatikan juga skema heading, dan struktur yang digunakan dan jangan lupa untuk menerbitkan artikel secara berkala agar ada interaksi dari calon pelanggan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu afiliasi dan tips cara mengoptimalkan pendapatan ari program yang satu ini. Bagaimana menurut Anda apakah tertarik untuk mencoba menekuni bisnis online afiliasi? Atau justru masih ingin fokus untuk mengembangkan channel promosi?

Semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon