Thursday, April 30, 2020

4 Platform Streaming Musik Terbaik di Indonesia



ElectronicSolution.co.id - Suatu bentuk hiburan di tengah-tengah padatnya aktivitas sangat dibutuhkan agar membuat pikiran dan hati menjadi lebih segar. Mendengarkan musik adalah salah satu aktivitas hiburan yang sangat mudah untuk dilakukan. Saat ini untuk mendengarkan musik Anda tidak perlu lagi harus membeli CD, karena saat ini telah banyak layanan streaming musik terbaik yang terdapat di berbagai platform.

Dengan layanan streaming musik ini Anda hanya perlu membuka website atau mengunduh aplikasinya jika ingin mendengarkan musik. Anda pun bebas untuk memilih mendengarkan musik dari artis atau band sesuai selera Anda. Saat ini telah banyak layanan streaming musik yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah beberapa layanan streaming musik yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Daftar Website Streaming Musik

● Spotify

Spotify adalah streaming musik online yangv paling banyak digunakan di Indonesia bahkan di dunia. Artis dan band terkenal pun telah banyak mengunduh karya musiknya di platform Spotify ini. Hal ini lah yang membuat Spotify menjadi salah satu platform streaming musik yang paling banyak digunakan.

Di dalam Spotify pun terdapat beberapa fitur yang akan menunjang Anda dalam kenyamanan mendengarkan musik, seperti mengunduh lagu tersebut dan tidak perlu menggunakan internet jika ingin mendengarkannya.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu membayar terlebih dahulu untuk mengubah akun Spotify Anda menjadi premium. Adapun kekurangan dari aplikasi streaming musik ini adalah ketika Anda masih menggunakan versi gratis, maka Anda harus terhubung ke internet jika ingin mendengarkan musiknya.

Selain itu Anda tidak dapat memilih dengan bebas lagu yang ingin Anda putar karena pada versi gratis, lagu akan diputar secara acak. Pada versi ini pun terdapat iklan yang akan muncul ketika lagu akan diputar. Terdapatnya iklan di tengah mendengarkan musik tentunya akan sedikit mengganggu kenyamanan Anda.

● JOOX

Aplikasi streaming musik JOOX pertama kali dirilis pada tahun 2015 di Hongkong dan Malaysia. Pada saat itu, aplikasi ini menjadi cara baru untuk masyarakat di Indonesia dalam mendengarkan musik. Pada aplikasi JOOX terdapat fitur Free Radio yang dapat Anda gunakan untuk mendengarkan berbagai macam musik pilihan editor.

Seluruh musik yang tersedia di dalam JOOX pun telah berlisensi. Jadi, semua musik yang diunduh di dalam JOOX adalah legal dan original dari artis atau band yang membawakan lagu tersebut. JOOX mengapresiasi para musisi dengan cara ini agar musisi di seluruh dunia tetap terus membuat karya terbaiknya.

JOOX dapat digunakan sebagai layanan streaming musik gratis tetapi pada lagu-lagu tertentu saja. Anda pun tidak akan selalu menemukan lagu yang ingin Anda putar karena masih banyak lagu yang belum terdapat pada layanan JOOX. Iklan pada aplikasi ini pun dapat dikatakan cukup banyak dan terkadang iklan akan muncul di tengah-tengah lagu sedang diputar.

● Apple Music

Apple Music adalah aplikasi streaming musik yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan di bidang teknologi terbesar di dunia, yaitu Apple Inc. Tampilan yang elegan dan juga simpel khas produk Apple membuat Apple Music menjadi salah satu layanan streaming musik yang banyak digemari di seluruh dunia.

Kelebihan dari Apple musik adalah mereka dapat digunakan di seluruh operasi sistem walaupun pengembangnya adalah developer yang membuat operasi sistem iOS dan Mac. Selain itu Apple Music yang bekerjasama dengan Genius juga dapat memunculkan lirik lagu secara otomatis ketika Anda memutarkan lagu.

Di dalam aplikasinya pun Anda terdapat fitur music video di beberapa lagu. Jadi Anda dapat mendengarkan musik dan menonton video klipnya secara bersamaan. Apple Music juga dapat diintegrasikan dengan berbagai macam produk Apple lainnya seperti Apple Watch atau MacBook. Tapi, untuk variasi pilihan lagunya masih kurang jika dibandingkan dengan Spotify.

● SoundCloud

SoundCloud adalah salah satu streaming musik terbaik yang dirilis pada Oktober 2008 di Stockholm, Swedia. Pada awalnya SoundCloud digunakan untuk musisi yang ingin membagikan hasil rekamannya untuk didengarkan oleh musisi lainnya. Namun untuk saat ini SoundCloud tidak saja digunakan oleh musisi saja, tetapi semua orang dapat membagikan hasil karya musiknya.

SoundCloud juga menyediakan fitur Follow layaknya Twitter agar sesama penggunanya dapat saling berinteraksi. Layanan streaming musik ini juga memiliki tampilan yang simpel dan juga elegan. Anda juga dapat membagikan hasil karya musik Anda ke media sosial lain dengan fitur berbagi URL.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah Anda tidak bisa mengunduh seluruh track yang ada di dalam aplikasinya, hal ini tergantung pada owner lagu tersebut dan tidak semua lagu yang Anda ingin putar terdapat di dalam aplikasi ini.


Dengan adanya beberapa layanan streaming musik terbaik ini tentu akan memberikan banyak pilihan bagi Anda dalam mendengarkan musik. Semua layanan streaming musik online tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi Anda dapat menggunakannya sesuai keinginan dan kenyamanan dari Anda sendiri.


EmoticonEmoticon